Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > PENGENDALI KEAMANAN KENDARAAN PADA LAHAN PARKIR MENGGUNAKAN BARCODE WAND BERBASIS DATABASE JARINGAN

PENGENDALI KEAMANAN KENDARAAN PADA LAHAN PARKIR MENGGUNAKAN BARCODE WAND BERBASIS DATABASE JARINGAN

Desember 20, 2009

The final report is entitled The Security System At Parking Areas Using Barcode Wand Based On Network Database. The purpose of this final report is to design is a parking area management system that can be used to minimize the queue time at the entrance and exit gate and also to increase the security at the parking areas.
The data were collected through observation, experiment and library research. Then data were analyzed by using the theorical framework developed by Setiawan (2003) and Martina (2002). The findings of this final report is that Barcode Wand control the security system at parking areas by giving the ticket that has a barcode wand to the driver. At the entrance gate , the driver is given a ticket that has been programmed with Barcode Wand when the driver wants to leave the parking-lot. The ticket is returned to the operator at the exit gate, then the operator detects the ticket by using barcode reader, if the barcode is correct, the driver can leave the parking-lot. Based on the findings, the writer concludes that the Barcode Wand can be used to control the security system at parking areas. The writer suggests that Barcode Wand can be changed by using finger investigation, so the security system can work accurately

Perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia yang makin meningkat merupakan dua hal yang saling mempengaruhi satu sama lain. Kebutuhan manusia yang meningkat akan memicu perkembangan teknologi, sedangkan perkembangan teknologi juga akan memacu kebutuhan lain untuk menangani dampak negatif dari adanya teknologi baru. Sebagai salah satu contoh adalah kebutuhan akan tempat parkir. Jumlah kendaraan bermotor yang meningkat memacu tumbuhnya lahan parkir yang luas yang mampu menampung kendaraan yang banyak. Lahan parkir yang luas ini kemudian menimbulkan masalah dalam hal keamanan, antrian masuk ke parkir, antrian keluar parkir dan beberapa hal lainnya.
Sistem pengelolaan parkir yang tersedia saat ini umumnya hanya berfungsi untuk mempermudah dalam penghitungan biaya parkir dan mendukung aspek keamanan dengan beberapa keterbatasan. Sedangkan kepuasan dan kenyamanan pengguna parkir seperti dalam hal pelayanan antrian dan keamanan kendaraan pada lahan parkir tidak begitu diperhatikan oleh pengelola parkir. Dengan menggunakan sistem pengelolaan parkir yang ada saat ini, kepentingan bisnis pengelola parkir lebih diutamakan dan kepentingan konsumen kurang diperhatikan. Untuk itu, sistem pengelolaan parkir yang baru setidaknya tidak hanya menguntungkan bagi pengelola tetapi juga memberikan kepuasan pengguna parkir.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis mencoba untuk merancang suatu sistem pengelolaan parkir yang bisa meminimalkan waktu antrian di gerbang masuk dan keluar dengan mempercepat proses di pintu masuk dan keluar, menghitung lama parkir dengan tepat dan mendukung aspek keamanan kendaraan serta lebih mengutamakan kepentingan konsumen sehingga konsumen merasakan kenyamanan dalam memarkir kendaraannya pada lahan parkir. Oleh karena itu, didalam penulisan laporan Tugas Akhir ini dilakukan perancangan suatu sistem yang fungsinya diharapkan lebih baik dari yang sudah ada, namun biaya produksinya lebih murah dan penulis berharap agar alat ini dapat bermanfaat dikemudian hari, adapun judul yang penulis ambil dari Laporan Akhir ini adalah Pengendali Keamanan Kendaraan Pada Lahan Parkir Menggunakan Barcode Wand Berbasis Database Jaringan.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 249 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: