Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET PELNI DI TRAVEL AGUS MAKASSAR

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET PELNI DI TRAVEL AGUS MAKASSAR

Desember 20, 2009

Pada era informasi yang sangat komplit seperti sekarang ini, komputer sebagai jaringan komunikasi sangat banyak dibutuhkan, terutama pada instansi-instansi baik pemerintah maupun swata terlebi lagi pada dunia pendididkan, begitu pula halnya dengan bidang usaha biro perjalanan (travel).
Travel Agus adalah merupakan salah satu travel yang terkemuka di Makassar yang memiliki pelayanan yang luas, oleh karena itu untuk lebih meningkatkan kepada penggunaan jasa, maka ia harus memperbaiki sekaligus memakai system informasi yang dapat menarik pengguna jasa yang memerlukannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun system informasi yang sesuai dengan kebutuhan pada travel Agus. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi dan wawancara untuk menyimpulkan data yang diperlukan, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik parametric.
Dalam mencapai tujuan tersebut maka kami mengupayakan untuk merancang sebuah sistem informasi guna meningkatkan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa.

Perkembangan informasi teknologi semakin pesat, kebutuhan informasi dan pengolahan data dalam banyak aspek kehidupan manusia sangat penting. Dari perkembangan teknologi yang demikian pesat berdampak bagi seluruh kehidupan khususnya penyediaan sistem informasi bagi suatu organisasi/instansi atau perusahaan yang membutuhkan sistem pengelolaan data secara cepat, tepat dan akurat.
Untuk menunjang efektifitas, produktifitas dan efesiensi dalam suatu organisasi/instansi atau perusahaan dalam menyelesaikan masalah masalah manajemen, terutama memberikan pelayan kepada calon penumpang kapal laut (PELNI), maka perlu menyusun suatu sistem pengelolaan data terkomputerisasi yang handal dan berdaya guna. Sistem tersebut diharapkan dapat menyelesaikan tugas-tugas rutin yang berguna dalam pengambilan keputusan oleh organisasi/instansi atau perusahaan tersebut terutama pada Kantor Travel Agus Makassar. Pengelolaan informasi penjualan dan kedatangan serta keberangkatan kapal laut (PELNI) bertujuan untuk menciptakan kinerja organisasi dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektifitas kerja, agar di dalam menyelenggarakan pelayanannya senantiasa profesional dan tepat waktu.
Salah satu aspek pengelolaan sistem informasi penjualan adalah peningkatan pelayanan kepada konsumen/pelanggan yang diusahakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan sehingga pada akhirnya pelanggan dapat menjadi konsumen utama bagi produk perusahaan. Untuk itu pelayanan konsumen/pelanggan bertujuan untuk pemberian informasi dengan cepat dan pelayanan maksimal.
Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas maka dianggap perlu melakukan penelitian mengenai sistem penjualan tiket kapal laut (PELNI) yang cocok diterapkan di Kantor Travel Agus Makassar. Sistem ini dapat lebih efesiensi dari segi biaya, tenaga dan waktu, sehingga efektif dalam mencapai tujuan. Keamanan data informasi terjamin baik di masa sekarang maupun pengembangan di masa akan datang. Penelitian ini berjudul : “ Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tiket Pelni Pada Travel Agus Makassar “.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 250 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: