Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > sistem informasi pengolahan nilai siswa

sistem informasi pengolahan nilai siswa


Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangatlah cepat sehingga dibutuhkan suatu strategi-strategi jitu agar dapat terus bersaing dengan kompetitor lain. Perkembangan ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang mendukungnya, salah satunya yaitu internet.
Untuk dapat bersaing di era sekarang ini diperlukan suatu informasi yang cepat untuk itu diperlukan suatu Website yang menjadi suatu media untuk menyalurkan informasi pendidikan.

Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangatlah cepat sehingga dibutuhkan suatu strategi-strategi jitu agar dapat terus bersaing dengan kompetitor lain. Perkembangan ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang mendukungnya, salah satunya yaitu internet.
Untuk dapat bersaing di era sekarang ini diperlukan suatu informasi yang cepat untuk itu diperlukan suatu Website yang menjadi suatu media untuk menyalurkan informasi pendidikan.
Sebagai contoh SMKN 5 malang telah membuat suatu aplikasi berupa Website guna melakukan informasi secara online. Dengan media ini siswa dan orang tua siswa dapat melihat informasi nilai dengan hanya mengakses website yang telah ada tanpa harus datang langsung ke sekolah.
Website yang digunakan oleh SMKN 5 X merupakan salah satu penerapan dari system pendidikan berbasis on-line.

Di zaman teknologi modern yang semakin canggih ini, pendidikan sangatlah diperlukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Berbicara tentang pendidikan maka tidak akan pernah lepas dari kegiatan belajar – mengajar yang dilakukan antara siswa dengan pengajar. Hasil kegiatan belajar – mengajar tersebut biasanya dievaluasi oleh pengajar dengan memberikan ujian terhadap siswa. Hasil ujian tersebut berupa nilai akademik yang biasanya dilaporkan pada sebuah buku laporan kemajuan belajar siswa atau raport setiap semester. Buku raport digunakan untuk melaporkan hasil kemajuan siswa selama mengikuti kegiatan belajar – mengajar. Buku raport tersebut biasanya diberikan kepada wali siswa oleh pihak penyelenggara tempat belajar – mengajar tersebut diadakan, dalam masalah disini pihak penyelenggara tempat belajar – mengajar tersebut adalah SMKN 5 X, dengan megundang wali siswa untuk datang ke tempat belajar – mengajar.
Proses pemberian buku raport yang dilakukan dengan cara konvensional tersebut tidak menutup kemungkinan akan memunculkan suatu masalah baru dalam dunia pendidikan di kemudian hari, khususnya pada pelaporan kemajuan kegiatan belajar siswa. Permasalahan tersebut misalnya, kesibukan wali siswa yang menghalangi wali siswa datang ke tempat belajar – mengajar siswa untuk mengambil buku raport, mahalnya biaya pengadaan buku raport untuk masing – masing siswa dan kekurangtelitiannya seorang pengajar untuk menuliskan nilai siswa dalam buku raport. Permasalahan – permasalahan yang dimisalkan tersebut akan sulit sekali untuk diatasi dengan proses pemberian buku raport cara konvensional.
Aplikasi manajemen nilai akademik siswa merupakan salah satu metode alternatif dalam mengatasi permasalahan – permasalahan yang dimisalkan tersebut. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang ada saat ini, keefisienan dalam proses penilaian akademik seorang siswa akan semakin terpenuhi. Salah satu teknologi informasi yang dapat diterapkan adalah teknologi internet, dengan memanfaatkan teknologi internet tersebut maka proses penilaian akademik siswa dapat dilakukan secara online.

About these ads
  1. din
    April 4, 2010 pukul 3:30 pm

    Aduuuh…kok cuma abstraknya doang ya…isi nya dong

  2. kuy
    April 5, 2010 pukul 9:53 am

    iya kanapa abstraknya…..
    yg penting isinya….
    lengkapi donk….

  3. Juli 9, 2014 pukul 2:30 pm

    Can you tell us more about this? I’d want to find out some
    additional information.

  4. Agustus 1, 2014 pukul 4:09 am

    Hi my family member! I want to say that this post is
    awesome, great written and come with almost all vital infos.
    I’d like to see more posts like this .

  5. September 26, 2014 pukul 1:20 pm

    Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I’ve truly enjoyed browsing your weblog posts.
    After all I’ll be subscribing for your feed and I hope you write once more very
    soon!

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 255 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: