Beranda > Skripsi Administrasi > MEMPELAJARI PENGELOLAAN DATA KEARSIPAN PADA KECAMATAN CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR

MEMPELAJARI PENGELOLAAN DATA KEARSIPAN PADA KECAMATAN CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR

Desember 21, 2009

Arsip sebagai salah satu sumber informasi memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang proses kegiatan yang dilakukan dalam sebuah organisasi maupun intansi.
Data kearsipan sangat diperlukan bagi setiap intansi pemerintah maupun swasta demikian juga dengan kecamatan cibungbulang, oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat skripsi mengenai kearsipan pada kecamtan cibungbulang Bogor.
Adapun Pengelolaan arsip yang dilakukan oleh kecamatan cibungbulang meliputi beberapa tahap kegiatan yaitu : pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, penilaian, dan pemusnahan arsip.
Sistem pencatatan arsip yang digunakan oleh petugas kearsipan kecamatan cibungbulang kabupaten bogor dengan menggunakan kartu kendali, sedangkan untuk penyimpanannya menggunakan system kodeklasifikasi yang terlebih dahulu ditentukan pokok pemasalahannya.
Sementara penyimpanan arsip mengikuti asas kombinasi yakni desntralisasi yaitu penyimpanan yang dilakukan pada unti pengolah sedangkan penyimpanan arsip inaktif mengikuti asas sentralisasi yaitu penyimpanan yang dilakukan pada unti kearsipan di tempat/ kantor yang sama.

Sebuah instansi pemerintahan atau swasta dalam melakukan suatu pekerjaan dan kegiatan pelayanan terhadap masyarakat memerlukan data dan informasi salah satunya adalah data kearsipan. Data kearsipan sangat diperlukan bagi setiap instansi pemerintah maupun swasta demikian juga dengan Kecamatan Cibungbulang. Salah satu kunci dari kelancaran organisasi perkantoran terletak pada pengelolaaan data kearsipan yang sistematis, sederhana, dan efisien. Pengelolaaan data kearsipan sangat penting agar sewaktu – waktu apabila arsip diperlukan dapat diketahui persis keberadannya dan dapat dengan mudah serta cepat ditemukan. Karena arsip merupakan pusat dokumentasi dari suatu kegiatan yang telah berlangsung dan tempat mencari berbagai keterangan yang diperlukan bagi tindakan atau putusan yang akan datang dalam suatu instansi. Oleh karena itu, pengelolaan data kearsipan yang meliputi penyimpanan, pemeliharaan, dan penggunaan arsip merupakan hal yang mutlak diperlukan.
Pada awalnya orang mengenal arsip hanya setumpuk kertas yang tidak berharga. Tapi sekarang arsip merupakan hal yang penting dalam sebuah kantor atau instansi, baik instansi pemerintah atau intansi swasta. Arsip tidak hanya berupa kertas tetapi juga dapat berupa film, kaset, slide, video, disket, dan foto copy yang disimpan serta dipelihara selama diperlukan jangka waktu tertentu.
Dapat dikatakan bahwa dimana ada kegiatan manusia niscaya di situ akan terdapat arsip, karena manusia selalu memerlukan catatan atau rekaman dari setiap kegiatan yang dilakukan sebagai alat bantu untuk mengingat. Dengan adanya arsip memungkinkan seseorang mampu mengingat segala dokumen dan catatan yang begitu kompleks, terutama pengelolaan administrasi dan organisasi yang cakupannya luas.
Bukti atau rekaman yang diperlukan dan dihasilkan dari setiap kegiatan itulah, yang perlu kita tata secara sistematis agar dapat dengan mudah dan cepat ditemukan bilamana sewaktu – waktu diperlukan. Untuk kelancaran pekerjaan sebuah instansi pemerintah atau instansi swasta, perlu adanya kearsipan yang teratur dan tertib sebagai alat informasi dan referensi serta pengingat yang dapat membantu suatu organisasi atau instansi dalam melancarkan kegiatannya.
Dengan demikian tampaklah bahwa kearsipan sangat penting dalam memajukan sebuah organisasi dan memperlancar kegiatannya. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengambil judul “MEMPELAJARI PENGELOLAAN DATA KEARSIPAN PADA KECAMATAN CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR”.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 250 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: