Beranda > Skripsi Administrasi > PENATAAN RUANGAN DAN PENEMPATAN PERALATAN KANTOR DEPARTEMEN SDM PERUM PERURI

PENATAAN RUANGAN DAN PENEMPATAN PERALATAN KANTOR DEPARTEMEN SDM PERUM PERURI

Desember 21, 2009

Pokok bahasannya merupakan kajian deskriptif tataruang kantor dan tataletak perlengkapan kantor pada Departement Pengembangan Sumber Daya Manusia Perum Peruri. Penelitian ini meliputi tiga tahapan, yakni observasi, deskripsi, dan interpretasi. Pada tahap observasi dilakukan perekaman data baik secara verbal (tulisan/narasi) maupun piktorial (foto/gambar/sketsa). Tahap berikutnya (deskripsi) adalah melakukan analisis hasil pengamatan. Hasil penelitian ini kemudian akan ditinjau dari perspektif model kantor yang sesuai dan tepat diterapkan untuk pembenahan yang lebih baik lagi.

Suatu ruang kantor yang efisien tidak tercipta dengan sendirinya, melainkan hasil dari perencanaan yang tepat. Seseorang atau tim yang bertanggung jawab dalam merancang ruang kantor harus memahami bahwa pemakaian ruangan suatu kantor merupakan proses yang berjalan terus berkelanjutan mengikuti beragam kebutuhan dan tuntutan. Setiap komponen-komponen pekerjaan, seperti: pekerjaan itu sendiri, prosesnya, perlengkapannya, ruang-ruangnya, lingkungan (fisik) disekitarnya, serta para pegawainya merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan (koordinasi) (Huffman, 1980: 300).
Fungsi dan tujuan perencanaan tataruang kantor diantaranya adalah:
(1) untuk menghasilkan lebih banyak pekerjaan dengan biaya serendah-rendahnya;
(2) mengurangi waktu yang diperlukan untuk suatu pekerjaan dengan memperbaiki alur pekerjaan; serta
(3) memperbaiki semangat bekerja para pegawai dengan menyiapkan suasana kerja yang lebih memuaskan (Komaruddin, 1986: 142).
Oleh karena itu, ruang kantor yang ditata dengan baik akan dapat:
(1) mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena berjalan mondar-mandir yang semestinya tidak perlu;
(2) menjamin kelancaran alur pekerjaan;
(3) memungkinkan pemakaian ruang kerja lebih efisien;
(4) kesehatan dan kepuasan pegawai terpelihara;
(5) pengawasan terhadap pekerjaan lebih mudah;
(6) memberikan kesan yang baik kepada tamu yang datang; serta
(7) memberikan kemungkinan perubahan ruang kantor jika sewaktu-waktu diperlukan (The Liang Gie, 1991: 188-9).
Perum Peruri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang percetakan uang dan penerbitan surat-surat berharga. Sebagai perusahaan security printing, Perum Peruri menitikberatkan aspek keamanan yang sangat ketat dalam melaksanakan tugasnya, termasuk di antaranya dalam perencanaan gedung/bangunan dan penataan ruang-ruangnya. Penanganan yang spesifik tersebut membutuhkan cara dan strategi yang khusus di dalam pengelolaan yang menjadikan Perum Peruri berbeda dengan BUMN lainnya.
Berdasarkan uraian di atas, salah satu bagian yang perlu mendapat penanganan tataruang secara khusus adalah Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pada bagian ini terdapat pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan. Selain itu, departemen ini menyimpan dokumen-dokumen kepegawaian yang sangat rahasia. Oleh karena itu diperlukan pengaturan pemanfaatan ruang dan perlengkapan kantor yang tepat dengan memperhatikan aspek keamanan. Dengan demikian, akan sangat menarik jika penelitian ini secara terfokus membahas tataruang dan penataan perlengkapan kantor pada ruangan Departemen Pengembangan SDM di Perum Peruri ini.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 255 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: