Beranda > Skripsi Administrasi > SISTEM APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN BARU DI PT. PLN (PERSERO) UPJ SUBANG BERBASIS CLIENT SIDE

SISTEM APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN BARU DI PT. PLN (PERSERO) UPJ SUBANG BERBASIS CLIENT SIDE

Desember 21, 2009

Dengan semakin berkembangnya peningkatan pembangunan dan kemajuan teknologi di dunia sekarang ini. listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, baik sebagai sarana kehidupan kita maupun sebagai prasarana itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh atau peranan Sistem Pelayanan Pelanggan di PT. PLN ( PERSERO ) Distribusi Jawa Barat Dan Banten.

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis mengindentifikasi beberapa masalah yang menjadi pokok pembahasan, yaitu bagaimana perkembangan dunia usaha yang dihadapi PT. PLN (Persero) UPJ Subang dewasa ini yang berhubungan dengan penggunaan teknologi informasi yang cepat, akurat, handal ,relevan dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini bisa dipenuhi dengan menggunakan Sistem Aplikasi Pelayanan Pelanggan Baru Berbasis Cliet Side.

Penelitian ini dilaksanakan di PT. PLN (Persero) UPJ Subang dan hasil penelitian ini menunjukan besar harapan Pelayanan Pelanggan Baru di PT. PLN (Persero) UPJ Subang sudah cukup memadai.

Sistem yang dibangun ini mampu melakukan proses pengolahan data pelanggan baru,, penjualan rekening listrik dan pelaporan semua data yang dibutuhkan. Dengan sistem tersebut dapat mengubah sistem lama yang sifatnya manual menjadi otomatis dengan teknologi komputer sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hususnya perkembangan teknologi informasi menjadi suatu hal yang tidak bisa dibendung lagi, mereka berjalan melebihi kapasitas dan kemampuan daya nalar manusia pada umumnya.

“Sampai era 80-an kita berkutat dalam masalah teknologi industri dan infrastruktur industri masal, era pasca 80-an dan sampai awal 90-an kita memfokuskan dari pada mutu (quality), tetapi sekarang kita berlomba dalam kecepatan pada teknologi informasi (information technology)” (Bill Gates, Saraf Digital, Microsoft Press, 1998)

Kecepatan perkembangannya menimbulkan efek yang cukup signifikan terhadap pemikiran dan kebiasaan manusia. Kualitas dan pelayanan yang cepat menjadi harapan dan keinginan yang menjadi biasa. Hal tersebut menjadi suatu bahan pemikiran dan analisis yang harus diterapkan dalam setiap rencana dan kebijakan yang akan diambil hususnya perusahaan-perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen dalam operasionalnya.

Ketersediaan informasi yang cepat, akurat dan menyeluruh disamping akan membantu dalam proses pelayanan terhadap pelanggan, juga akan sangat membantu dalam membenahi managerial perusahaan dan membantu perusahaan untuk menentukan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sebagai kebijakan. Pada saat ini PT. PLN (Persero) UPJ Subang dalam operasionalnya untuk melakukan pemrosesan data hususnya yang berkaitan dengan pelanggan baru, penyusunan laporan pengeluaran, pemasukan dan besarnya tagihan perbulannya sudah dilakukan secara komputerisasi yaitu dengan menggunakan media program aplikasi Microsoft Office (Microsoft Excel). Dimana proses pengolahannya masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang terperinci dan kurang menyeluruh

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 257 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: