Beranda > Skripsi Elektro > AKUISISI DATA KECEPATAN MOTOR DC DENGAN GELOMBANG RADIO

AKUISISI DATA KECEPATAN MOTOR DC DENGAN GELOMBANG RADIO

Desember 30, 2009

Motor DC dalam sebuah proses produksi banyak digunakan sebagai alat produksi. Dengan fungsinya sebagai salah satu alat produksi, maka motor DC sangat perlu diamati stabilitasnya. Salah satu langkah untuk mengamati stabilitas motor adalah mengamati kecepatan motor.Untuk mengamati kecepatan motor, dapat digunakan metode telemetri, yaitu metode pengukuran kecepatan motor jarak jauh. Dengan metode ini tidak perlu berdekatan dengan motor untuk mengetahui kecepatan motor. Dengan gelombang radio, dapat digunakan sebagai media untuk mentransmisikan kecepatan motor. Sehingga kecepatan motor dapat diketahui di tempat lain tanpa menggunakan kabel.

Dalam tugas akhir ini, dibuat sebuah alat yang dapat menstransmisikan kecepatan motor dari tempat motor bekerja ke ruang pemantau. Dengan teknik modulasi FM, maka frekuensi sensor kecepatan diubah menjadi sinyal informasi. Dan sinyal carrier dari modulator FM sebagai sinyal pembawa. Sinyal informasi adalah frekuensi sensor yang diubah ke bentuk gelombang segitiga.

Didalam sistem ini terdapat dua mikrokontroler dan dua blok penampil, yang ditempatkan masing-masing di blok transmiter dan receiver. Mikrokontroler berfungsi untuk membaca jumlah frekuensi sensor dalam sampling time 0,2 detik. Sehingga setiap 0,2 detik jumlah frekuensi sensor dibaca dan selanjutnya dikonversi menjadi nilai kecepatan motor. Kecepatan motor ditampilkan dalam satuan RPM (rotasi per menit). Dalam satu menit, jumlah putaran motor dihitung. Blok penampil terdiri dari 4 x 7 segment yang dapat menampilkan jumlah putaran motor dalam 1 menit.

Dengan penelitian ini, dihasilkan sebuah alat yang mampu mengetahui kecepatan motor dengan 2 penampil nilai kecepatan, yaitu penampil yang berada di tempat motor bekerja, dan penampil yang berada di tempat lain. Pada prinsipnya, alat ini tidak hanya diterapkan di motor DC, tetapi dapat juga diterapkan di motor AC, motor induksi, motor sinkron dan motor-motor lain yang memerlukan pengawasan kecepatan motor dengan cermat.

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin pesat. Salah satu tujuan teknologi adalah mengurangi keterbatasan manusia di dalam meningkatkan kualitas kehidupan. Bukti bahwa perkembangan teknologi menunjang kehidupan adalah hasil perkembangan teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi kerja peralatan-peralatan yang digunakan. Oleh karenanya manusia selalu berusaha untuk menggali inovasi agar peran manusia di dalam mengendalikan berbagai peralatan semakin minimal. Perkembangan teknologi juga merambah ke alat-alat produksi, termasuk motor listrik.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, motor listrik sangat perlu diperhatikan stabilitas kerjanya agar proses produksi berjalan lancar. Yang perlu diperhatikan adalah ketahanan motor, karakteristik motor, juga kecepatan putaran motor. Untuk itu sangat diperlukan sebuah tachometer yang mengetahui kecepatan putaran motor. Namun kebanyakan tachometer berada berdekatan dengan motor tersebut, sehingga peran manusia masih besar.

Untuk itu diperlukan suatu alat pemantau, dalam hal ini tachometer yang berada tidak berdekatan dengan motor tersebut dalam rangka mengurangi peran manusia dalam memantau alat produksi. Pengukuran kecepatan motor dengan metode telemetri dapat memudahkan manusia dalam memantau stabilitas kerja motor. Dengan metode ini tidak perlu berdekatan dengan motor hanya untuk mengetahui kecepatan motor. Dari jarak jauh dapat diketahui nilai kecepatan motor tersebut. Sehingga motor dapat dipantau dari tempat lain. Hal ini akan menjadi sangat penting saat motor tersebut melakukan pekerjaan yang membahayakan manusia, namun sangat penting bagi motor tersebut untuk dipantau stabilitas kerjanya. Misalkan motor yang menggerakkan batang kendali reaktor nuklir.
Dalam tugas akhir ini, dicoba diimplementasikan suatu perangkat yang dapat memantau kerja motor listrik dari jarak jauh tanpa kabel (wireless) yang memanfaatkan gelombang radio. Adapun judul tugas akhir ini adalah “ Akuisisi Data Kecepatan Motor DC dengan Gelombang Radio “.

About these ads
Kategori:Skripsi Elektro
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 246 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: