Beranda > Skripsi Elektro > PENGHITUNG JUMLAH PENGUNJUNG RUANG PERTUNJUKAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

PENGHITUNG JUMLAH PENGUNJUNG RUANG PERTUNJUKAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

Desember 30, 2009

Perkembangan mikrokontroler semakin canggih di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Komponen yang diciptakan semakin kecil dan memungkinkan untuk diaplikasikan ke berbagi bidang,. Dalam Perkembangannya mikrokontroler mempunyai system memori , RAM, ROM, timer, port parallel,port serial, dan 32 bit I/O yang memungkinkan membentuk system terdiri dari keeping tunggal (single chip). Mikrokontroler juga mempunyai memiliki memori eksternal yang dapat diekspan sampai dengan 4K byte disebut FLASH PEROM.
Tujuan dari pembuatan proyek akhir ini adalah untuk membuat hardware dan software “Penghitung jumlah Pengunjung Ruang Pertunjukan Berbasis Mikrokontroler AT89C51”. Prinsip dari alat ini adalah menampilkan jumlah pengunjung yang berada didalam ruangan pertunjukan dengan menggunakan display seven segment sekaligus dapat membunyikan buzzer jika ruangan penuh. Pengaturan nilai pembatas dapat dilakukan dengan menekan tombol setting. Rangkaian sensor menggunakan LDR, yang dirangkai sehingga dapat mendeteksi sumber cahaya yang mengenai penampang LDR ke bentuk energi listrik yang mampu direspon IC mikrokontroler. Sumber cahaya menggunakan laser pointer yang mampu mengeluarkan cahaya lurus satu titik. Rangkaian penampil menggunakan 4 digit sevent segment dan mampu menampilkan jumlah cacahan maksimal 255 dan tulisan FULL. Rangkaian buzzer menggunakan transistor sebagai saklar untuk membunyikan speaker sebagai tanda jika ruangan penuh. Rangkaian push button digunakan untuk memasukan nilai pembatas. Rangkaian ini dihubungkan ke port1 pada IC mikrokontroler AT89C51.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan alat ini mampu mendeteksi dan menampilkan jumlah pengunjung yang melewati sensor. Jumlah cacahan maksimal sampai 255. Nilai pembatas dapat dilakukan dengan penekanan tombol switch push button sesuai yang dikehendaki. Dan rangkaian buzzer dapat berbunyi saat nilai pembatas sama dengan jumlah cacahan, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat ini telah sesuai dengan yang direncanakan.

Di dalam suatu kegiatan khususnya yang berada di dalam suatu ruangan yang melibatkan banyak pengunjung yang harus diperhatikan adalah kapasitas di dalam ruangan tersebut dimana diharapkan banyaknya pengunjung yang masuk dapat terkendali. Seperti kegiatan persidangan, umumnya pengunjung yang berkepentingan langsung masuk ke dalam ruang tersebut tanpa mengetahui ruang tersebut sudah penuh atau belum, jika pada ruang tersebut masih ada sisa kursi maka hal tersebut tidak masalah tapi jika ruangan tersebut sudah penuh maka akan akan membuat kondisi orang didalam ruangan tersebut tidak nyaman.
Begitu juga pada pertunjukan hiburan biasanya penjaga kurang memperhatikan kapasitas ruangan dengan jumlah pengunjung yang masuk, sehingga menyebabkan ruang tersebut kelebihan pengunjung. Berdasarkan uraian diatas, penerapan alat penghitung jumlah pengunjung ruang pertunjukan diharapkan bisa membantu mengatasi hal tersebut sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan pengunjung yang berada di dalam ruang pertunjukan. Alat penghitung jumlah pengunjung ini juga dapat di aplikasikan untuk keperluan umum atau industri yang membutuhkan suatu kapasitas/volume tertentu, seperti contohnya untuk mengetahui suatu kapasitas jumlah pengunjung di Gedung olah raga, juga dapat digunakan untuk mengetahui jumlah kapasitas volume dari suatu benda yang berada dalam suatu tempat/ruangan, dan masih banyak lagi.

About these ads
Kategori:Skripsi Elektro
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 246 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: