Beranda > Skripsi Elektro > PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RANGKAIAN PENGENDALI ON/OFF PERALATAN LISTRIK JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN HANDPHONE

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RANGKAIAN PENGENDALI ON/OFF PERALATAN LISTRIK JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN HANDPHONE

Desember 31, 2009

Alat pengendali jarak jauh melalui handphone bekerja dengan memamfaatkan sinyal-sinyal yang digunakan dalam hubungan pesawat handphone, yaitu sinyal ring dan sinyal dial. Sebuah sensor yang mendeteksi sinyal ring berfungsi mengaktifkan relay yang dihubungkan secara peralel dengan saklar (headset).
Proses pengendalian dilakukan dengan mengkodekan setiap nada pilih (dial tone). Jika nada pilih yang diterima sesuai dengan kode yang ditentukan, maka proses pengendalian akan dilakukan.
Sinyal (bunyi) yang diaktifkan oleh generator bunyi akan dikirim, menandakan alat pengendali sedang terpasang pada saluran handphone. Alat pengendali juga mengirimkan bunyi jika peralatan yang sedang dikendalikan bekerja (keadaan On). Jika tidak ada bunyi yang dikirim, peralatan listrik yang dikendalikan tidak bekerja (keadaan Off)
Perancangan alat ini didukung oleh penggunaan HP nokia 8250, dimana pada programnya terdapat sub menu jawab otomatis yang tersambung pada headset. Jadi saat terjadi panggilan pada handphone penerima maka tidak perlu diangkat lagi, karena akan menjawab secara otomatis.

Didalam era globalisasi komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia sehari-hari. Dengan menggunakan fasilitas komunikasi, informasi dengan mudah dapat disampaikan dari satu tempat ketempat tujuan, meskipun pada jarak yang sangat jauh. Untuk menunjang kecepatan komunikasi diperlukan suatu alat berupa telepon. Dengan telepon memungkinkan seseorang untuk dapat berkomunikasi kemana saja yang diinginkan.
Telepon merupakan media komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia, selain penggunaannya yang sangat mudah, telepon juga menjadi sarana komunikasi yang paling cepat baik untuk penggunaan disuatu daerah tertentu
(lokal), antar daerah di Indonesia (interlokal), ataupun antar negera.
Saat ini pengendalian peralatan listrik jarak jauh hanya menggunakan remote, jadi hanya bisa sebatas jangkauan remote tersebut. Bila kita berada diluar rumah atau jauh diluar kota maka kita akan kesulitan dalam mengendalikan peralatan-peralatan lisstrik kita yang ada dirumah.
Oleh karena itu, dengan semakin berkembangnya penggunaan media telekomunikasi khususnya telepon genggam (handphone) maka penulis merancang suatu alat yang dapat mengendalikan peralatan listrik dari jarak jauh menggunakan telepon genggam.

About these ads
Kategori:Skripsi Elektro
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 249 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: