Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG DENGAN APLIKASI VISUAL BASIC 6.0 PADA TOKO ASB BUKITTINGGI

ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG DENGAN APLIKASI VISUAL BASIC 6.0 PADA TOKO ASB BUKITTINGGI

Januari 4, 2010

Telah dilakukan penelitian pada Toko ASB Bukittinggi dimana permasalahan yang dijadikan dasar dalam penulisan skripsi ini yaitu sistem pembelian dan penjualan barang.
Penyajian laporan-laporan yang berhubungan dengan informasi pembelian dan penjualan disajikan dalam bentuk tabel yang mana hal ini diasumsikan akan lebih jelas dan akurat bila dibandingkan dengan laporan yang sebelumnya hanya dibuat dengan cara manual yang mempuyai tingkat kesalahan yang tinggi.
Manfaat terbesar dari penyajian laporan ini yaitu agar dapat sekiranya mempermudah dalam penyediaan informasi yang berhubungan dengan data-data pembelian dan penjualan barang tersebut. Dan dalam perancangan aplikasinya, digunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0 yang bertujuan agar lebih mudah dimengerti oleh pemakai (user).

Dalam rangka pencapaian program kerja dan peningkatan kinerja perusahaan, hampir semua perusahaan berupaya untuk melakukan perubahan terhadap sistem kerja yang sudah ada karena sistem yang diterapkan hampir sudah tidak layak digunakan untuk kegiatan operasioal perusahaan terutama di dalam melakukan pengolahan data yang rumit dan bersifat rutinitas.
Toko ASB Bukittinggi bergerak dalam bidang kelontong dan alat-alat tulis dan transaksi yang dilakukan setiap harinya cukup besar. Pada pengolahan data pembelian barang pengelola toko tidak membuatkan secara tertulis tentang biaya pembelian yang dilakukan, ini hanya dilakukan secara lisan kepada pemilik toko berdasarkan faktur pembelian. Hal ini menyebabkan tidak efesiennya pengelolaan biaya pembelian dan juga pemesanan barang dilakukan berdasarkan perkiraan tanpa mengetahui secara pasti stok barang yang ada. Sedangkan dalam pengelolaan data penjualan barang pembuatan laporan hanya dibuatkan secara garis besar yaitu berapa jumlah uang didapat setiap harinya. Selain itu juga ada masalah-masalah lain yang sering muncul seperti hilangnya faktur-faktur pembelian maupun faktur-faktur penjualan yang merupakan bukti-bukti dari transaksi-transaksi yang dilakukan.
Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem informasi dan sebuah database yang dapat menampung data dalam jumlah banyak sehingga apabila dilakukan pengaksesan terhadap suatu data akan lebih mudah untuk mendapatkannya dan juga mudah melakukan perhitungan dalam jumlah banyak sehingga informasi yang diperoleh lebih baik dan cepat.
Berdasarkan dari masalah diatas penulis akan memberikan sebuah solusi yang akan dibahas pada uraian dari masing-masing bab dengan judul “ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG DENGAN APLIKASI VISUAL BASIC 6.0 PADA TOKO ASB BUKITTINGGI”

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 253 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: