Beranda > Tak Berkategori > Aplikasi Sistem Absensi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Barcode Pada PT. Kemenangan Jaya

Aplikasi Sistem Absensi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Barcode Pada PT. Kemenangan Jaya

Januari 9, 2010

PT. Kemenangan Jaya merupakan sebuah perusahaan berskala menengah yang bergerak di bidang penyediaan berbagai macam bahan eksterior dan interior bangunan. Pada perusahaan ini terdapat suatu sistem absensi karyawan yang masih berjalan secara manual, dimana dalam penerapan sistem absensi ini terdapat beberapa hal yang menjadi kendala, yaitu diantaranya adalah keefektifan dan efisiensi waktu dan proses pengabsenan, bentuk laporan absensi yang masih berupa hardcopy yang dapat menyulitkan dalam proses pencarian data, dan kemungkinan terjadinya data absensi yang hilang.
Dengan alasan di atas maka penulis mencoba untuk memberikan alternatif pemecahan masalah dengan membuat suatu aplikasi sistem sbsensi yang akan mencatat data dan daftar kehadiran karyawan, waktu kedatangan, waktu pulang, yang akan dibuat secara sistematis dan terkomputerisasi dengan metode barcode, sehingga akan menghilangkan proses pencatatan kehadiran karyawan yang selama ini telah berjalan secara manual pada PT. Kemenangan Jaya dan juga dengan penggunaan metode barcode akan mengurangi tingkat kesalahan penginputan ID Pegawai dalam proses absensi tersebut.
Pada penulisan ini juga akan diterangkan tahapan pengerjaan, mulai dari proses analisa, perencanaan, konstruksi yang menggunakan aplikasi Borland Delphi 5 dan SQL Server 2000 untuk database-nya, hingga tahapan pengimplementasian dengan menggunakan metode spiral dengan notasi perekayasaan dan pendekatan berorientasi objek, UML (Unified Modelling Languange), dengan membuat use case diagram, sequence diagram, class diagram, flow map (sebagai indikasi prosedur arus data pada sistem yang akan diterapkan dan analisa masukan), dan analisa masukan dan keluaran, untuk mengetahui data apa saja yang menjadi masukan dan keluaran.

Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini semakin c epat memasuki berbagai bidang, sehingga kini semakin ba nyak perusahaan yang berusaha meningkatkan usahanya terutama dalam bidang bisnis ya ng sangat berkaita n erat dengan teknologi informa si itu sendiri. Hal ini didukung oleh pernyataan bahwa Keguna an komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediaka n informasi dengan cepat dan tepat. Informasi ini ibarat da rah yang mengalir di dalam tubuh suatu perusahaan. Jika di dalam suatu perusahaan, informasi tersebut terhenti atau terhambat, maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh (Jogiyanto, 1999:96). Salah satu perke mbangan teknologi informasi yang penting adalah semakin dibutuhkannya penggunaan a lat pengolah data yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Perusahaan-perusahaan yang ingin mengembangkan usa ha da n mencapai sukses harus mengikuti era informasi dengan menggunakan alat pendukung pengolah data yaitu komputer. Hal ini didukung oleh pernyataan yang diutarakan ba hwa kompute r digunaka n untuk mengelola sumber daya yang luas dari perusahaan-perusahaan yang memanda ng seluruh dunia se bagai pasar mereka dimana pada eksekutif perusahaan melakukan investa si pada teknologi informasi de ngan tujua n mencapai skala ekonimis dan dapat mengembangkan produk yang da pat dijual di seluruh dunia (Mcleod, 1998:92).

De ngan adanya komputer sebagai alat pengolah data, maka semua bidang dalam suatu perusa haan ataupun instansi dapat dikomputerisasikan, dalam hal ini bidang-bidang yang dianggap penting dan utama ka rena hal ini dapat mendukung keberhasilan suatu perusa haan dalam mencapai tujuannya. Da lam kajian ini penulis ingin memberikan suatu solusi dengan merancang dan mengaplikasikan suatu alur kerja sistem absensi berdasarkan sistem absensi manua l yang sudah ada pada PT. Kemenangan Ja ya yang masih kura ng efektif dan efisien, dan membuat sistem basis data yang akan digunakan dalam aplikasi absensi yang terkomputerisasi, user Interface untuk mengelola basis data te rsebut, dan aplikasi absensi yang terkomputerisasi dengan baik antara sistem basis data, user interface, dan user itu sendiri dengan penambahan metode barcode untuk memberikan solusi optimal ya ng telah te rkomputerisasi, kecepatan dan ke tepata n pengolaha n data, dan mengura ngi tingkat kesalahan pa da waktu proses pengabsenan berlangsung (http://www.wikipedia.com/barcode ). Oleh sebab itu dengan berdasarkan alasan ini penulis mencoba menga mbil tema dalam penulisan skripsi ini dengan judul : “Penge mbangan Aplikasi Sistem Absensi Karyawan Dengan Metode Ba rcode Pada PT. Kemenangan Jaya”.

About these ads
Kategori:Tak Berkategori
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 249 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: