Beranda > Tak Berkategori > PROGRAM APLIKASI BASIS DATA FUZZY

PROGRAM APLIKASI BASIS DATA FUZZY

Januari 9, 2010

Dengan menggunakan basis data standar, seseorang dapat mencari data-data dengan spesifikasi tertentu dengan menggunakan query. Pada kenyataannya, seseorang kadang membutuhkan informasi dari data-data yang bersifat ambigu. Apabila hal ini terjadi, maka dapat diselesaikan dengan basis data fuzzy. Didalam basis data fuzzy ada 2 model yaitu model tahani dan model umano.
Program aplikasi basis data fuzzy adalah program untuk melakukan pencarian data dengan metode pencarian linguistik baik model tahani maupun model umano, disamping itu juga bisa untuk melakukan pencarian data dengan metode pencarian numeris. Program ini merupakan penerapan dari teori tentang basis data fuzzy. Input awal dalam program ini adalah input nama kasus, selanjutnya yaitu input variabel fuzzy, input himpunan fuzzy, input variabel non fuzzy dan input data yang akan digunakan dalam pencarian. Setelah data dimasukkan dan pengguna telah memilih kriteria pencarian pada tab pencarian linguistik, langkah selanjutnya yaitu menghitung derajat keanggotaan suatu data di setiap himpunan pada suatu variabel berdasarkan fungsi keanggotaan yang telah dipilih sebelumnya. Setelah derajat keanggotaan diperoleh, maka dilakukan proses fire stength berdasarkan kriteria yang dipilih. Data yang memiliki nilai fire strength tertinggi menunjukkan bahwa data tersebut yang paling mendekati kriteria pencarian. Sebaliknya, data yang memiliki nilai fire strength terkecil menunjukkan bahwa data tersebut semakin menjauhi kriteria pencarian. Hasil yang ditampilkan pada tab pencarian linguistik merupakan data-data yang mendekati kriteria pencarian dengan urutan nilai fire strength terbesar sampai nilai fire strength terkecil yang menunjukkan urutan data yang paling mendekati kriteria pencarian sampai yang paling jauh dari kriteria pencarian. Sedangkan pada pencarian numeris, hasil yang ditampilkan yaitu data-data yang berada dalam range pencarian.

Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) mempunyai tiga konsentrasi (minat studi), yaitu sistem informasi, sistem cerdas dan sistem aplikasi. Setiap mahasiswa harus memilih salah satu dari tiga konsentrasi tersebut untuk kelulusannya. Masing-masing konsentrasi mempunyai lima matakuliah pilihan yang bisa dipilih. Dari lima matakuliah tersebut, mahasiswa harus mengambil minimal tiga matakuliah yang ada di minat studinya, sedangkan dua matakuliah lainnya bisa diganti dari matakuliah-matakuliah minat studi yang lain.
Dari ketiga konsentrasi yang ada, matakuliah-matakuliah sistem cerdas bisa dikatakan sulit untuk dipelajari sehingga peminatnya sedikit. Namun ironisnya ketika mahasiswa akan tugas akhir (skripsi), sebagian besar mahasiswa mengambil tema tentang sistem cerdas.
Salah satu matakuliah yang ada di dalam konsentrasi sistem cerdas yaitu logika fuzzy. Matakuliah ini membahas tentang bagaimana cara pengambilan keputusan dari suatu masalah. Sebagai contoh : Manajer pergudangan mengatakan pada manajer produksi seberapa banyak persediaan barang pada akhir minggu ini, kemudian manajer produksi akan menetapkan jumlah barang yang harus diproduksi esok hari.
Selain itu, logika fuzzy juga membahas tentang basis data. Khususnya basis data fuzzy, yaitu basis data yang didalamnya mengandung teori himpunan fuzzy. Contoh : seseorang ingin mencari data lengkap si A tetapi dia tidak mengetahui namanya, sedangkan ciri-ciri si A yang diketahui bersifat ambigu seperti usianya muda, gajinya sedang, tingginya sedang, badannya gemuk, dan sebagainya. Kasus seperti ini dapat diselesaikan dengan menggunakan basis data fuzzy. Di dalam basis data ini, ada dua model yaitu basis data fuzzy model tahani dan basis data fuzzy model umano.
Akan tetapi penerapan teori logika fuzzy khususnya basis data fuzzy didunia industri maupun pendidikan masih sedikit. Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah sistem / aplikasi yang bisa digunakan untuk pencarian data dengan menggunakan aturan basis data fuzzy yang bisa dipakai di bidang apapun, baik bidang pendidikan (untuk pencarian data mahasiswa), bidang industri (untuk pencarian data karyawan) maupun bidang-bidang yang lain.

About these ads
Kategori:Tak Berkategori
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 254 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: