Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > ANALISIS, PERANCANGAN, DAN IMPLEMENTASI

ANALISIS, PERANCANGAN, DAN IMPLEMENTASI

Januari 3, 2010

Sebagai perguruan tinggi, STIS terikat pada Tri Darma dan tujuan umum perguruan tinggi. Di dalam Tri Darma tercantum bahwa perguruan tinggi merupakan penyelenggara pendidikan tinggi yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian pada masyarakat. Sedangkan dalam tujuan umum, perguruan tinggi harus mampu menyiapkan tenaga yang cakap untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi.
Konsekuensi dari itu semua maka STIS harus mampu meningkatkan pendidikan yang diselenggarakannya dan harus mampu memberikan pengabdian pada masyarakat yang bisa dilakukan dengan memberikan pendidikan gratis pada masyarakat berupa penyebaran artikel, makalah, maupun materi-materi ilmu pengetahuan lainnya. Untuk meningkatkan pendidikan dan mempermudah dalam pengabdian masyarakat seperti di atas maka salah satu caranya bisa dicapai dengan penyelenggaraan pendidikan secara online yang lebih sering disebut dengan e-learning.
E-learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas internet sebagai media penyampainya.
Salah satu bentuk e-learning yang banyak digunakan adalah elearning berbasiskan web. E-learning dalam bentuk ini memungkinkan terjadinya proses pendidikan tanpa melalui tatap muka langsung. Dengan sistem ini pula, penyebaran ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas bisa dilakukan dengan mudah. Untuk memperoleh e-learning yang tepat maka proses pembangunan e-learning STIS dibagi kedalam tahap analisis, perancangan, implementasi, uji coba, dan evaluasi. Dalam tahap analisis digunakan alat bantu Diagram Arus Data (DAD) dan diagram dekomposisi untuk menggambarkan
proses-proses yang ada. Sedangkan untuk merancang basis data digunakan alat bantu Entity Relationship Diagram (ERD).

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan ahli-ahli statistik yang nantinya akan mengabdikan diri di Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai organisasi induk dari STIS itu sendiri. Ahli-ahli statistik ini dibutuhkan untuk mengembangkan perstatistikan di Indonesia serta mengerjakan pekerjaan negara pada bidang perstatistikan.
Sebagai salah satu perguruan tinggi, STIS terikat pada Tri Darma dan tujuan umum perguruan tinggi. Dalam Tri Darma perguruan tinggi tercantum bahwa perguruan tinggi merupakan penyelenggara pengetahuan dan pendidikan tinggi yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian pada masyarakat. Dalam pengabdian pada masyarakat salah satu caranya bisa dilakukan dengan memberikan pendidikan gratis pada masyarakat luas berupa penyebaran artikel, makalah, maupun materi-materi ilmu pengetahuan lainnya.
Sementara itu dalam tujuan umum perguruan tinggi tercantum bahwa perguruan tinggi memiliki tujuan untuk menyiapkan tenaga yang cakap untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi dan yang cakap berdiri sendiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan dan memenuhi Tri Darma perguruan tinggi tersebut maka STIS dituntut untuk bisa meningkatkan pendidikan yang diselenggarakannya khususnya dalam cara penyampaian.
Untuk meningkatkan cara penyampaian pendidikan tersebut dapat dilakukan tidak hanya dengan cara konvensional dilakukan di dalam kelas saja, tetapi dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah internet. Dengan pemanfaatan teknologi internet memungkinkan proses penyampaian pendidikan bisa dilakukan tanpa adanya pertemuan secara langsung antara pengajar dan peserta didik di dalam kelas. Selain itu proses penyebaran artikel, makalah, maupun materi-materi ilmu pengetahuan lainnya kepada masyarakat luas dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui jaringan internet.

%d blogger menyukai ini: