Beranda > Skripsi Manajemen > Aplikasi Data Tanaman Yang Terkena Jalur Row Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Berbasis Objek

Aplikasi Data Tanaman Yang Terkena Jalur Row Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Berbasis Objek

Januari 3, 2010

Setelah penulis mensurvei dan ikut terjun langsung dalam sistem yang digunakan pada PT. PLN (Persero) PIKITRING Sulawesi, hampir semua bagian dilengkapi dengan fasilitas komputer. Khususnya pada bagian perencanaan tempat dimana penulis ditempatkan, hampir semua jenis pekerjaan menggunakan komputer. Namun, hasil survei selama di lokasi terdapat sebuah permasalahan dalam pengelolaan data inventarisasi tanaman/tegakan yang terkena jalur Row saluran udara tegangan tinggi (Sutt).
Daftar tanaman yang terkena jalur Row adalah data tanaman yang tekena jalur dalam daftar perencanaan pemasangan Tower Listrik. Setiap tanaman yang terkena jalur Row di data oleh Bagian Perencanaan ELMEK berdasarkan Nomor Tip (Nomor Tower), nama pemilik tanaman, desa, dusun, kecamatan, kabupaten, jenis tanaman, spesifikasi tanaman dan jumlah tanaman dengan menggunakan blangko pendataan yang sudah disiapkan oleh perusahaan untuk setiap pemilik tanaman.

Setiap pemilik tanaman harus menandatangani blanko pendataan sebagai kesepakatan antara pemilik tanaman dengan pihak PLN atas tanaman miliknya yang masuk dalam daftar pendataan pembebasan tanaman.
Dari hasil pendataan tersebut, Bagian Perencanaan ELMEK membuat laporan data tanaman yang kemudian akan dilaporkan ke Perencanaan Bagian Anggaran untuk dibuatkan laporan harga tanaman sesuai dengan standar harga PLN yang disesuaikan dengan jenis bantuan pemrintah (LOAN) dan jenis pekerjaan ke berapa (LOT) untuk setiap jenis tanaman. Laporan harga tanaman tersebut kemudian dimusyawarahkan bersama mengenai harga setiap jenis tanaman dengan pihak pemilik tanaman dan Camat setempat dengan pihak PLN dan Kemudian disepakati bersama harga setiap jenis tanaman secara keseluruhan untuk satu wilayah kecamatan.
Dari hasil kesepakatan mengenai harga setiap jenis tanaman tersebut, kemudian dibuatkan laporan daftar harga tanaman yang terkena jalur Row berdasarkan jenis tanaman, spesifikasi tanaman dan harga setiap tanaman yang telah di sepakati bersama dan laporan daftar inventarisasi tanaman sesuai dengan blanko pendataan yang diurutkan berdasarkan nomor tip oleh Bagian Perencanaan ELMEK dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel seperti yang terlihat pada tabel 4.1 dan tabel 4.2.

%d blogger menyukai ini: