Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > APLIKASI KANTIN ONLINE DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ”VETERAN” JATIM

APLIKASI KANTIN ONLINE DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ”VETERAN” JATIM

Januari 3, 2010

Setiap harinya, berjuta informasi semakin menjamur dalam dunia komputerisasi. Semua dikarenakan banyaknya kebutuhan manusia akan informasi tersebut. Dan perkembangan informasi pada saat ini tidak hanya dalam bentuk baku dan dengan system yang manual, namun sudah banyak informasi yang disajikan secara online.
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim, adalah salah satu universitas besar di Surabaya dengan berbagai proses bisnis yang terdapat didalamnya termasuk proses bisnis pemesanan menu pada kantin-kantin di UPN yang dilakukan dari jarak jauh.
Dalam memenuhi tuntutan diatas maka dibuatlah aplikasi Kantin Online yang berfungsi untuk mempermudah melakukan proses pemesanan menu pada kantin-kantin di UPN yang dilakukan dari jarak jauh (area Universitas). Sehingga dapat memberikan kemudahan dan informasi kepada para pengguna baik pelanggan maupun pemilik kantin itu sendiri.

Saat ini teknologi sudah semakin maju. Pada jaman dahulu, pemesanan menu pada sebuah rumah makan masih dilakukan secara manual yaitu pembeli harus mendatangi rumah makan tersebut untuk mengetahui menu-menu yang tersedia dan melakukan pemesanan. Adakalanya pemilik rumah makan menginginkan proses bisnis yang efektif dan efisien sehingga dapat memudahkan kinerja dalam proses bisnis tersebut serta dapat menarik banyak pengunjung dan dapat meraup keuntungan yang lebih banyak. Demikian pula dengan para pelanggan yang ingin memesan menu makanan dengan cara yang praktis dan menghemat tenaga.
Dalam hal ini, studi kasus yang diambil adalah kantin pada Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jatim yang mempunyai banyak sekali stand-stand kantin baik kantin jurusan maupun kantin universitas dan banyak sekali staf-staf baik para pejabat, dosen atau para pegawai yang sebagian besar menggunakan jasa para pegawai kantin untuk mengantarkan menu makanan yang dipesan. Dengan semakin maraknya teknologi informasi, pemesanan menu pada kantin yang dilakukan baik dari kalangan para pejabat, maupun staf-staf ataupun dosen selain mendatangi kantin secara langsung untuk melihat menu-menu yang tersedia kemudian memesan, ada juga cara pemesanan instan yang baru-baru ini banyak dilakukan para mahasiswa ataupun dosen yaitu dengan mengirim SMS (Short Message Service) pada kantin (pemilik kantin) yang telah berlangganan.
Cara pemesanan seperti ini masih belum efektif, banyak kondisi-kondisi ataupun kemungkinan buruk yang dapat memperlambat proses pemesanan seperti masalah jaringan dari operator selular, masalah personal seperti pulsa habis dan lain sebagainya. Para pemesan sebagian besar belum mengetahui menu-menu yang dijual setiap harinya pada kantin tersebut, sehingga butuh beberapa kali mengirim pesan lewat SMS. Masalah yang lainnya timbul ketika ada pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti misalnya seseorang melakukan pemesanan, tetapi tidak dibayar, ataupun hanya iseng memesan tetapi ternyata tidak ada yang memesan. Kondisi seperti ini sering terjadi pada pemilik kantin, sehingga tak jarang para pemilik kantin merasa dirugikan.
Kondisi seperti diatas sangatlah tidak efisien dengan semakin maraknya teknologi informasi yang dapat memudahkan para pengguna dalam melakukan aktifitas. Sekarang ini bayak terdapat teknologi pemesanan menu pada kantin yang dilakukan secara terkomputerisasi dan serba canggih. Pemesanan dapat dilakukan dari jarak jauh serta dapat memperoleh informasi tentang menu-menu yang tersedia di kantin.
Dengan membangun sistem Kantin Online pada Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jatim, akan dapat mempermudah cara pemesanan menu pada kantin-kantin yang ada di Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jatim tanpa harus mendatangi kantin yang bersangkutan. Sistem Kantin Online ini dapat pula diterapkan pada kasus-kasus yang lain, seperti misalnya pada kantin gedung perkantoran, kantin sekolah, dan kantin-kantin lain yang berada pada lingkungan yang mempunyai banyak aktifitas kinerja didalamnya.

%d blogger menyukai ini: