Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Capture dan Edit Program Acara VH1 Band It Like Menggunakan Avid Xpress Pro pada PT. Global Informasi Bermutu (Global TV)

Capture dan Edit Program Acara VH1 Band It Like Menggunakan Avid Xpress Pro pada PT. Global Informasi Bermutu (Global TV)

Januari 3, 2010

Dengan perkembangan komputer saat ini, komputer desktop bisa kita fungsikan sebagai video editor. Banyak program video editor yang bisa kita pakai, contohnya: Avid Xpress Pro, Avid Media Composer, Ulead Video Studio, Adobe Premiere Pro, Pinnacle Studio, Sony Vegas, Final Cut Pro dan masih banyak lainnya.
Proses capture video (capturing) adalah proses pemindahan data hasil rekaman dari camcorder ke harddisk atau media simpan lainnya. Istilah lain dari proses capture adalah transfer video dan audio. Video editing adalah suatu proses mengatur dan menyusun rangkaian shot demi shot menjadi satu scene, scene demi scene menjadi suatu sequence, akhirnya merupakan suatu rangkaian shot dari suatu cerita yang utuh. Avid Xpress Pro memiliki area kerja yang terdiri dari beberapa bagian atau panel yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda dapat memindah posisi atau mengubah ukuran panel. Secara umum, interface Avid Xpress Pro yang utama adalah panel Bin, Super Bin, Timeline, dan Composer.
Metodologi yang digunakan adalah metodologi pengumpulan data, yaitu observasi, studi pustaka dan metode pengembangan penelitian yang terdiri dari 6 (enam) tahap, yaitu: konsep dalam proses editing, capturing, selektifitas gambar, proses editing, rendering, dan evaluasi.
Proses editing diperlukan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak. Setelah proses pengeditan selesai dan setelah melalui proses rendering, Program acara VH1 Band It Like ditransfer menjadi sebuah video dengan format Quick Time Movie (.mov) dengan resolusi 720 x 486 pixels. Program acara VH1 Band It Like menjadi menarik dengan adanya proses editing untuk melakukan pengaturan audio, menambahkan title, dan transisi atau efek.

Editing adalah proses penyambungan gambar dari banyak shot tunggal sehingga menjadi kesatuan cerita yang utuh. Editor menyusun shot-shot tersebut sehingga menjadi sebuah scene, kemudian dari penyusunan scene-scene tersebut akan tercipta sequence sehingga pada akhirnya akan tercipta sebuah film yang utuh. Ibarat menulis sebuah cerita, sebuah shot bisa dikatakan sebuah kata, scene adalah kalimat, sequence adalah paragraf.1
Sebuah cerita akan utuh bila terdapat semua unsur tersebut, begitu juga dengan film. Seorang editor harus tahu bagaimana bertutur cerita yang baik. Editor bertanggung jawab dalam pengerjaan akhir sebuah film. Tanpa proses editing yang baik, sebuah produksi yang telah mengorbankan uang dan tenaga menjadi sia-sia. Memang benar, seorang editor hanya bisa menghasilkan film yang baik, sebaik materi yang dia terima.
Hanya saja, seorang editor yang baik dan kreatif mampu menutupi semua kekurangan ketika proses pengambilan gambar. Sehingga penonton tidak pernah tahu di mana letak ketidaksempurnaan itu. Seorang editor dituntut untuk membuat keputusan setiap saat. Dia menentukan shot mana yang akan dipakai, berapa lama shot itu akan dipakai, kapan sebuah shot harus dipotong, bagaimana urutan shot yang disusun, dan sebagainya.
Dengan perkembangan komputer saat ini, komputer desktop bisa kita fungsikan sebagai video editor. Banyak program editor video yang bisa kita pakai, contohnya: Avid Xpress Pro, Avid Media Composer, Ulead Video Studio, Adobe Premiere Pro, Pinnacle Studio, Sony Vegas, Final Cut Pro dan masih banyak lainnya.
Oleh karena itu dalam laporan praktek kerja lapangan ini dengan pengetahuan yang ada, penulis mencoba untuk menangkap dan mengedit hasil syuting program acara yang ada di PT. Global Informasi Bermutu.
Berdasarkan permasalahan yang dimiliki oleh PT. Global Informasi Bermutu, penulis tertarik untuk membuat sebuah media presentasi dengan judul “CAPTURE DAN EDIT PROGRAM ACARA VH1 BAND IT LIKE MENGGUNAKAN AVID XPRESS PRO PADA PT. GLOBAL INFORMASI BERMUTU (GLOBAL TV)”.
Dalam pembuatan media presentasi ini penulis menggunakan Avid Xpress Pro, sebagai software editor dalam pengeditan video.

%d blogger menyukai ini: