Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > E-MARKETING DENGAN 3D INTERAKTIF PADA PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA

E-MARKETING DENGAN 3D INTERAKTIF PADA PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA

Januari 3, 2010

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan merancang sebuah aplikasi pemasaran secara online atau e-marketing yang diaplikasikan melalui perancangan website untuk PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA. Dengan adanya website ini, PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA dapat melakukan pemasaran secara lebih luas dan efektif. Website ini memuat informasi mengenai produk yang dijual oleh PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA dalam tampilan 3D dan informasi yang lengkap mengenai PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA itu sendiri.
Metodologi yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini ada 7 poin, yang terbagi menjadi metode analisa dan metode perancangan. Metode analisa meliputi: (1) Menyusun peluang-peluang pasar, (2) Menformulasikan strategi pemasaran, dan (3) Mendesain faktor pengalaman konsumen. Sementara itu metode perancangan meliputi: (4) Merangkai interface konsumen, (5) Mendesain program pemasaran, (6) Mengungkap Informasi Konsumen Melalui Teknologi, dan (7) Mengevaluasi Program Pemasaran.
Hasil analisa kami terhadap PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA adalah bahwa pemasaran pada PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA selama ini masih menggunakan cara pemasaran tradisional seperti dengan brosur, iklan di media cetak, dan menawarkan proposal ke perusahaan –perusahaan makanan ataupun mengikuti pameran. Kami memandang sangat perlu untuk menerapkan e-marketing untuk memperoleh pasar yang lebih luas dan memberikan informasi yang lebih baik pada konsumen dengan menampilkan produk dalam tampilan 3D interaktif.
Simpulan kami terhadap hasil analisa adalah PT.BERTINDOMAS CIPTASATYA harus lebih memfokuskan promosi pemasarannya dengan cara memberikan nilai tambah bagi konsumen dengan cara memberikan informasi yang lengkap dan dan menarik. Caranya adalah dengan menggunakan e-marketing yang lebih berfokus pada pemberian informasi dan bersifat customer-oriented dan interaktif.

Profit atau keuntungan merupakan suatu hal mutlak yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan. Berbagai carapun harus ditempuh oleh perusahaan untuk dapat mencapai tujuan akhir ini. Namun, untuk mencapai tujuan akhir ini bukanlah merupakan suatu perkara yang mudah bagi perusahaan. Hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya perusahaan-perusahaan tumbuh dan juga memiliki segmen pasar yang sama. Dari sinilah dapat terlihat bahwa perusahaan yang tidak memiliki inovasi ataupun strategi yang matang akan cepat tersingkir dari derasnya dunia persaingan bisnis.
Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal, seperti mencari peluang yang baru, membuat suatu inovasi, dan juga promosi yang menyeluruh. Dalam hal ini, baik itu pihak manajemen sampai dengan karyawan sangat berperan penting dalam menciptakan peluang maupun inovasi baru. Setelah perusahaan mendapatkan inovasi yang baru dan telah membuatnya, maka langkah berikutnya yang harus ditempuh oleh perusahaan adalah melakukan promosi atau memperkenalkan produknya kepada masyarakat.
Namun, banyak kendala yang biasanya dihadapi oleh perusahaan dalam memperkuat marketingnya seperti masalah dana. Dalam memperluas promosi, dan juga menambah biaya operasional. Oleh karena itu, timbul pemikiran bagaimana perusahaan dapat mengurangi biaya-biaya tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan media yang lain seperti internet.
Penggunaan teknologi informasi pun kini juga sudah menjadi syarat yang harus diikuti perusahaan agar dapat bersaing secara global. Penggunaan media telekomunikasi maupun internet sudah banyak dilakukan oleh hampir seluruh perusahaan menengah atas. Bahkan perusahaan menengah kebawah pun sudah semakin banyak yang menggunakan teknologi internet. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat yang cenderung ingin mendapatkan informasi secara cepat, mudah dan murah. Dengan keinginan masyarakat ini, perusahaan harus selalu bersaing dalam memberikan informasi atau selalu meng-update informasi secara cepat ke pelanggan.
Melihat tingginya tingkat persaingan bisnis, tidak terkecuali dalam bidang industri permesinan, maka perusahaan harus memiliki strategi maupun inovasi dari segi produk, pemasaran, maupun penjualannya. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri permesinan ini adalah PT. Bertindomas Ciptasatya.
PT. Bertindomas Ciptasatya adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan mesin pembuat makanan. Dalam lingkup bisnisnya, perusahaan ini juga sudah banyak memperkenalkan produknya baik itu di dalam negeri hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Filipina, Afrika Selatan, Bahrain, dan Australia. Untuk saat ini, PT. Bertindomas Ciptasatya telah membuat beberapa jenis mesin yang di jual ke produsen makanan. Namun, perusahaan ini tidak menutup kemungkinan akan terus menambah ragam dari mesin-mesin yang ingin dibuat oleh PT. Bertindomas Ciptasatya.
Masalah yang dihadapi oleh PT. Bertindomas Ciptasatya sekarang ini adalah pada saat perusahaan ini ingin memperkenalkan produknya yang terbaru baik ke pelanggan maupun ke produsen makanan lain di dunia. PT. Bertindomas Ciptasatya harus mengeluarkan banyak biaya dalam mempromosikan produknya. Biaya-biaya operasional seperti biaya telepon / fax, biaya gaji karyawan, dan juga biaya perjalanan sangatlah besar. Sebenarnya PT. Bertindomas Ciptasatya sudah memiliki solusi dari masalah diatas yaitu membuat sebuah website. Namun pada kenyataannya, website tersebut masih minim informasi dan kurang menarik dan terupdate. Oleh karena itu, perlu dibuat strategi baru yang harus diterapkan agar proses mempromosikan produk dapat lebih maksimal.
E-marketing adalah salah satu bentuk strategi yang dapat di tempuh oleh perusahaan dalam meningkatkan promosi produk yang dimiliki perusahaan. Dengan menggunakan konsep e-marketing, perusahaan akan dapat secara signifikan mengurangi biaya-biaya operasional yang sangat besar.
Untuk itu, penulis akan membuat suatu aplikasi yang dapat memasukkan informasi lebih detail dan juga bersifat interaktif karena dapat digerakkan oleh user. User nantinya dapat lebih melihat secara detail dari segala sisi mesin yang ada. Aplikasi yang dibuat ini nantinya dapat langsung diintegrasikan kedalam website yang sudah ada.

%d blogger menyukai ini: