Beranda > Skripsi Manajemen > PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Januari 3, 2010

Dalam upaya memberikan kepuasan konsumen, serta untuk menghasilkan tanggapan yang efektif dan sesuai dengan keinginan konsumen, maka perusahaan perlu menentukan suatu strategi kebijakan yang tepat dan terpadu. Oleh karena itu, marketer perlu mempelajari dan menentukan prespektif pemecahan masalah dari semua jenis kebutuhan, pada umumnya proses pembelian konsumen di pasar swalayan didahului oleh kebijakan periklanan yang menarik konsumen, tersedia parkir yang memadai, tersedianya aneka ragam kebutuhan, harga relatif bersaing, dan lain sebagainya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang promosi terhadap keputusan pembelian konsumen, lokasi penelitian dilaksanakan di Surya Toserba Kuningan yang terletak di Jl. Siliwangi No. 99 Kuningan mulai bulan Mei 2007.
Hasil penelitian di peroleh thitung = 7,42 sedangkan ttabel = 1,66 dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel, berarti hipotesis (Ho) yaitu persepsi promosi tidak mempunyai hubungan positif terhadap keputusan pembelian konsumen di tolak, sehingga hipotesis (Ha) yaitu persepsi promosi mempunyai hubungan positif terhadap keputusan pembelian konsumen diterima. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman dapat ditafsirkan bahwa persepsi promosi mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan keputusan pembelian konsumen, hal ini dapat terlihat dari perolehan rs = 0,60 yang termasuk kategori hubungan cukup berarti.

Semakin banyaknya perusahaan ritel di Kuningan yang berdiri, memacu para pengusaha di bidang ini untuk memaksimalkan dalam mempertahankan atau meningkatkan perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Dalam pemasaran tidak hanya cukup menciptakan produk yang baik, menetapkan harga yang menarik, dan membuat produk tersedia bagi pelanggan, perusahaan juga perlu mengkomunikasikan produk kepada para konsumennya.
Dalam upaya memberikan kepuasan konsumen, serta untuk menghasilkan tanggapan yang efektif dan sesuai dengan keinginan konsumen, maka perusahaan perlu menentukan suatu strategi kebijakan yang tepat dan terpadu. Oleh karena itu, marketer perlu mempelajari dan menentukan prespektif pemecahan masalah dari semua jenis kebutuhan, pada umumnya proses pembelian konsumen di pasar swalayan didahului oleh kebijakan periklanan yang menarik konsumen, tersedia parkir yang memadai, tersedianya aneka ragam kebutuhan, harga relatif bersaing, dan lain sebagainya.
Toserba Surya Kuningan merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang penjualan kebutuhan akan barang-barang konsumsi sehari-hari. Untuk meraih minat keputusan beli konsumen promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan, dengan alasan jika konsumen merasa puas dengan promosi yang dilakukan perusahaan, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari apa yang telah ditargetkan sebelumnya.
Dalam meraih minat beli konsumen yang banyak tidaklah mudah karena di Kuningan itu sendiri terdapat banyak pesaing dalam menjual poduk-produk yang disajikan oleh perusahaan diantaranya Toserba Terbit, Toserba Griya dan lain sebagainya, sehingga kalau perusahaan tidak dapat menangulangi masalah ini dengan menggunakan suatu strategi pemasaran yang baik maka perusahaan akan kehilangan banyak konsumen yang dapat menurunkan omset perusahaan dan efeknya perusahaan akan mengalami kerugian.
Seiring dengan permasalahan di atas penulis tertarik untuk meneliti permasalahan dengan judul “PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SURYA TOSERBA KUNINGAN”.

%d blogger menyukai ini: