Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > PENGEMBANGAN SISTEM PENGGAJIAN PEGAWAI NEGERI PADA DINAS PENGELOLAAN PASAR KOTA BANDAR LAMPUNG

PENGEMBANGAN SISTEM PENGGAJIAN PEGAWAI NEGERI PADA DINAS PENGELOLAAN PASAR KOTA BANDAR LAMPUNG

Januari 3, 2010

Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang pengelolaan pasar. Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung khususnya pada bendahara gaji mempunyai tanggungjawab terhadap penggajian pegawai. Dimana bagian ini memilik peranan yang sangat penting dalam menjalan roda pemerintahan.

Permasalahan yang dikaji dalam penulisan ini adalah Bagaimana Pengembangan Sistem Penggajian Pegawai Negeri Pada Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai Sistem Penggajian Pegawai pada bendahara gaji Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung dan mencoba untuk memberikan solusi dari masalah yang terjadi pada Sistem ini dengan memberikan suatu sistem informasi. Sistem informasi yang dimaksud disini berupa satu progam aplikasi yang dapat mengolah setiap transaksi yang dibutuhkan den behubungan dengan penggajian pegawai sehingga sistem secara cepat akan menyajikan informasi yang diperlukan sesuai dengan data-data yang telah diolah sistem komputer.

Dengan menggunakan metode pengmbangan berfase dalam proses pengembangan sistem nya, dan pembuatan modul-modul yang berbasis pemakai sehingga dapat diterima oleh pemakai. Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dalam pembuatan program aplikasi sebagai bahasa pemrogramannya dan Microsoft Access 2003 sebagai database dalam implementasinya. Program aplikasi ini digunakan oleh bendahara gaji untuk pengolahan data penggajian pegawai.

Sebagai salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang akurat dalam suatu organisasi atau instansi adalah dengan membuat suatu perancangan sistem yang baik dan mendukung, untuk dapat mengumpulkan, mengolah dan menyimpan data-data yang dibutuhkan melalui peralatan komputer. Data adalah merupakan suatu informasi yang dapat dijadikan sebagai media untuk memonitoring, mengevaluasi kinerja baik di dalam suatu organisasi atau instansi. Seiring semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia agar dapat menggunakan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dengan kemajuan teknologi yang diiringi dengan kualitas sumber daya manusia yang baik diharapkan dapat meningkatkan kinerja sehingga dapat menghasilkan suatu informasi yang cepat dan tepat. Kebutuhan akan informasi yang akurat merupakan hal yang sangat penting sebagai media pendukung di dalam pengambilan keputusan.
Gaji adalah uang atau sesuatu yang berkaitan dengan uang yang diberikan kepada pegawai. Untuk menentukan skala gaji atau upah ada beberapa faktor yang mempengaruhi, di antaranya adalah pertama faktor hukum, dalam faktor ini besaran gaji atau upah yang harus dibayar diatur dalam undang-undang yang meliputi segi upah minimum, tarif lembur dan tunjangan, kedua faktor Serikat Buruh, serikat dan Undang-undang Hubungan Tenaga Kerja mempengaruhi hubungan bagaimana perencanaan pembayaran yaitu adanya tawar menawar antara serikat buruh dengan yang mempekerjakan, ketiga faktor kebijakan, faktor kebijakan (pemberi kerja), pemberian kompensasi mempengaruhi upah yang dibayar, kebijakan ini mempengaruhi tingkat gaji atau upah dan tunjangan misalnya perbedaan upah atau gaji bagi pegawai yang masih dalam masa percobaan, dan keempat faktor keadilan, faktor keadilan menjadi faktor penting dalam menentukan tinggi rendahnya pembayaran upah atau gaji dalam arti bahwa keadilan eksternal tarif upah atau gaji harus sebanding dengan organisasi lain. Sedangkan keadilan internal hendaknya setiap pegawai memperoleh pembayaran gaji atau upah yang sama dalam organisasi.
Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung merupakan suatu instansi Pemerintah Kota Bandar Lampung yang bertugas untuk melakukan Pengelolaan Pasar yang ada di Bandar Lampung. Setiap Instansi atau Perusahaan memiliki bagian penggajian di mana bagian ini memiliki peranan yang sangat penting untuk melakukan pembayaran gaji pegawai atau karyawan. Sedangkan Penggajian Pegawai pada Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung ditangani oleh bendahara gaji yang masih dilakukan secara manual yaitu dengan cara mengisi form slip gaji dalam proses pembayaran gaji pegawai tiap bulannya, sehingga penyajian informasi penggajian belum memadai selain itu sistem baru ini diusulkan oleh Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka akan dibuat suatu rancangan penggajian pegawai secara komputerisasi dengan mengambil judul Proposal Sitem Penggajian Pegawai pada Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung.

%d blogger menyukai ini: