Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web dengan Menggunakan PHP (Studi Kasus Layanan BK di SMAN 1 KUDUS)

Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web dengan Menggunakan PHP (Studi Kasus Layanan BK di SMAN 1 KUDUS)

Januari 3, 2010

Jumlah peningkatan Siswa SMAN 1 Kudus dari berbagai daerah. Menimbulkan kesulitan bagi Siswa yang berada di luar Lingkungan SMAN 1 Kudus untuk memperoleh informasi Akademik di saat mereka kembali ke daerah asalnya. Oleh karena itu perlu dirancang dan dibuatkan Website Program Sistem Informasi yang memuat berbagai informasi Akademik khususnya Sistem Informasi Bimbingan Konseling yang dapat diakses oleh semua Siswa yang berada di luar Lingkungan SMAN 1 Kudus.
Metode Perancangan Website menggunakan metode Rekayasa Perangkat Lunak model air terjun yang meliputi Pendefinisian Masalah dan Analisis Kebutuhan, Perancangan Sistem dan Perangkat Lunak, Implementasi dan Unit Testing, Integrasi dan Pengujian Sistem, Perawatan dan Pengoperasian.
Hasil dari perancangan Website adalah Website Program Sistem Informasi BK ( Bimbingan Konseling) dalam bentuk Prototype (sampel) yang telah diuji dan siap untuk diterapkan di lapangan atau di upload ke internet.

Perkembangan Teknologi pada masa sekarang ini, sudah sangat cepat dan maju, salah satunya adalah komputer. Pada saat ini hampir disegala bidang membutuhkan internet sebagai sumber informasi dan telekomunikasi yang cepat dan efisien. sehingga penggunaan Internet saat ini telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Kemajuan teknologi ini terbukti dengan adanya teknologi yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses internet pada perangkat mobile phone sehingga kebutuhan akan informasi dan telekomunikasi dapat di lakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Jadi bisa dikatakan internet telah memasuki segala bidang kehidupan kita.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka pemakaian internet di bidang sistem informasi sekolah memberikan manfaat yang sangat besar, baik dalam ketelitian maupun volume informasi yang ditangani. Sehingga dalam penyajian laporan dan informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh secara cepat tepat dan lengkap tanpa harus melalui proses pencarian informasi yang sulit. Berikut ini diberikan beberapa keuntungan apabila proses sistem informasi sekolah menggunakan sistem berbasis web sebagai alat bantu memproses :
Memudahkan para siswa yang berada diluar wilayah SMAN 1 KUDUS untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Kemudahan pengunjung web mendapatkan informasi seputar kegiatan belajar mengajar disekolah pada umumnya dan administrasinya pada khususnya. Selain Hal-hal tersebut. Dengan sistem informasi berbasis web, masyarakat bisa melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sekolah tentang sistem yang digunakan dalam belajar mengajar pada sekolah tersebut.
Hal inilah yang mendorong penulis untuk membangun sebuah sistem yang dapat mempermudah sekolah dalam menginformasikan tentang seluk beluk sekolah pada umumnya dan Bimbingan Konseling pada khususnya. Sehingga penulis tertarik untuk mengamati dan melakukan analisa terhadap sistem manajemen informasi khususnya pada bimbingan konseling. Dengan mengambil judul “Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web dengan Menggunakan PHP (Studi Kasus Layanan BK di SMAN 1 KUDUS)”

%d blogger menyukai ini: