Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Perancangan Sistem Informasi Perkreditan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ),Tbk Cabang Sungguminasa

Perancangan Sistem Informasi Perkreditan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ),Tbk Cabang Sungguminasa

Januari 3, 2010

Penelitian ini dimaksudkan untuk merancang system informasi kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sungguminasa yang sesuai dengan pola pada lokasi tersebut, kemudian mengimplementasikan rancangan untuk mengetahui serta mengukur efisien dan efektifitas dan ketepatan data, proses pencarian data dan informasi dari rancangan yang ditawarkan .
Dalam melakukan pengolahan data kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sungguminasa telah mengalami kesulitan dalam hal pengontrolan dan penregistrasian nasabah kredit, itu disebabkan karena bertambahnya jumlah nasabah dan juga bertambahnya jumlah instansi yang mengambil kredit, yang sebelumnya tidak serumit ini, karena nasabah yang mengambil kredit belum terlalu banyak dan instansinya juga relatif kecil.
Oleh karena itu, pengolahan sistem informasi perkreditan telah menjadi kesatuan mengingat kompleksitas permasalahan informasi yang dihadapi dalam penregistrasian data nasabah.

Untuk lebih meningkatkan taraf hidup masyarakat, maka tidak bisa dipisahkan dengan penerapan teknologi informasi. Oleh karena dari kalangan orang – orang informatika seharusnya selalu mengantisipasi fenomena baru terhadap informasi yang muncul disegala aspek kehidupan. Seperti halnya yang terjadi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sbungguminasa dalam menangani perkreditan, telah menggunakan beberapa teknologi berupa perangkat kerasa komputer tetapi belum dugunakan untuk informasi yang profesional dalam memproses registrasi nasabah kredit.
PT. Bank Rakyat Cabang Sungguminasa melayani pemberian kredit, kredit untuk pegawai berpenghasilan tetap dan kredit pensiunan ini dikhususkan untuk pegawai negeri sipil dan pensiunannya. Adapun yang menjadi topik pembahasan pada penelitian ini sekitar registrasi nasabah kredit berpenghasilan tetap ( kretap ) dan kredit pensiunan ( kresun ) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
Awalnya PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sungguminasa dalam meregistrasi nasabah kredit belum terlalu mengalami kesulitan karena nasabahnya masih relatif sedikit. Namun dengan perkembangan jumlah nasabah pegawai negeri sipil dan pensiunannya yang berkembang cukup pesat sehingga peregistrasian data tiap nasabah harus lebih ditingkatkan lagi agar waktu yang digunakan tidak terlalu lama dan lebih efisien sehingga kepuasan nasabah menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk manggunakan suatu sistem peregistrasian nasabah kredit untuk mengantisipasi masalah – masalah.
Berdasarkan latar pemikiran di atas maka penulis melakukan penelitian tentang sistem registrasi perkreditan yang lebih menguntungkan untuk diterapkan di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sungguminasa dengan menggunakan efektifitas dan efisiensi biaya, waktu dan tenaga, sehingga penulis dapat menentukan judul : ” Perancangan Sistem Informasi Perkreditan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ),Tbk Cabang Sungguminasa ”.

%d blogger menyukai ini: