Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > sistem informasi pengelolaan barang jadi pada cv. padilla garment industries

sistem informasi pengelolaan barang jadi pada cv. padilla garment industries

Januari 3, 2010

Pada umumnya setiap perusahaan membutuhkan sistem informasi yang bisa memberikan informasi yang tepat dan beguna bagi kelancaran jalan perusahaan tersebut, tidak terkecuali pada CV. Padilla.
CV. Padilla merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri garmen. Pada saat ini CV. Padilla menggunakan sistem informasi pengelolaan barang jadi yang belum terintegrasi dengan database sehingga akan mempersulit proses memperoleh informasi mengenai barang yang terjual.
Penulis dalam kerja praktek di CV. Padilla mengusulkan sebuah sistem informasi pengelolaan barang jadi yang terintegrasi dengan database, sehingga mempermudah dalam memperoleh informasi penjualan barang jadi di CV. Padilla, yang akan berdampak pada semakin cepatnya proses kerja di perusahaan ini.
Sistem yang akan diusulkan ini mengguanakan bahasa pemrograman Visual basic 6.0 dengan integrasi database dengan menggunakan Microsoft SQL Server 2000, dan menggunakan crystal reports 8.5 dalam pembuatan laporan bulanan.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini, kebubutuhan akan penyediaan informasi pun semakin meningkat, berbagai sarana harus di siapkan untuk memberikan informasi yang tepat, akurat dan dalam waktu yang singkat untuk suatu masalah atau kondisi yang sedang berlangsung. Namun peranan teknologi informasi tidak hanya sebatas dalam memberikan informasi yang tepat, akurat dan dalam waktu yang singkat tetapi juga berperan dalam mempercepat dan mengefisienkan waktu dan tenaga manusia dalam melakukan sebuah pekerjaan sehingga peranan teknologi informasi sangat diperlukan di berbagai bidang industri atau instansi-instansi perusahaan baik Negeri maupun Swasta.
CV. Padilla adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Industri Garmen yang memproduksi pakaian jadi terutama pakaian sport dan active wear. Pengelolaan data barang di tempat ini sudah menggunakan sistem terkomputerisasi hanya saja pada beberapa bidang masih ada beberapa kekurangan, salah satunya pada sistem pengelolaan barang jadi.
Sistem Pengelolaan Barang Jadi merupakan suatu Sistem Informasi yang memberikan Informasi berupa data barang jadi Perusahaan sebagai Produsen dan juga Informasi Penjualannya. Dimana dalam Pengelolaannya yang sedang berjalan saat ini, berupa input data barang masih menggunakan Microsoft Exel dan menyimpan data masih di hardisk yang belum ter-integrasi kedalam database. Hal ini membuat proses bisnis yang terdapat di CV. Padilla menjadi sedikit terhambat, seperti keterlambatan penyaluran informasi, dan kesulitan mengolah data. Untuk itu perlu dikembangkan suatu sistem Pengelolaan Barang Jadi yang lebih baik, dimana input data barang langsung ke sistem yang ter-integrasi dengan database. Sehingga proses bisnis dan penyaluran informasi dapat menjadi lebih cepat, serta keamanan data-datanya menjadi lebih terjamin.

%d blogger menyukai ini: