Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Alarm System Fire Detection Menggunakan VB 6.0 Berbasis Mikrokontroller AT89S52

Alarm System Fire Detection Menggunakan VB 6.0 Berbasis Mikrokontroller AT89S52

Januari 4, 2010

Perkembangan teknologi yang sangat pesat yang diiringi oleh kemajuan teknologi digital di era globalisasi dan modernisasi sekarang, segala bidang relatif bisa dipandang sangat relevan berhubungan dengan komputer. Beragam alat komunikasi diciptakan dan salah satu alat komunikasi yang sangat popular pada saat ini adalah bagaimana suatu alat dapat berkomunikasi dengan objek lain melalui media nirkabel. Permasalahannya adalah informasi yang diterima oleh pihak pemadam kebakaran tidak dapat dilakukan secara real time. Untuk memecahkan masalah tersebut maka dirancang suatu sistem yang dapat menampilkan informasi letak lokasi kebakaran pada PC (Personal Computer). Mikrokontroler AT89S52 merupakan suatu IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai interface antara receiver dan transmitter yang dihubungkan pada komputer. Pada rancangan ini receiver dan transmitter yang digunakan menggunakan IC SM6135 dan SM6136. Sebagai komunikasi yang digunakan sebagai komunikasi antara PC dengan Interface maka dibuat suatu program menggunakan Visual Basic 6.0. Hasil dari rancangan ini adalah suatu prototype yang dapat mensimulasikan kebakaran yang terjadi dan menampilkannya melalui GUI (Graphical User Interface).

Perkembangan teknologi yang sangat pesat yang diiringi oleh kemajuan teknologi digital di era globalisasi dan modernisasi sekarang, segala bidang relatif bisa dipandang sangat relevan berhubungan dengan komputer. Tidak menutup mata betapa sangat berpengaruhnya komputer terhadap kemajuan zaman, baik dari segi kuantitas dan kualitas bagi kepentingan manusia. Teknologi komputer merupakan solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi biaya, serta menjadi model yang fleksibel. Pesatnya perkembangan dunia komputer akhir-akhir ini, memicu berkembangnya teknologi baru yang memanfaatkan teknologi komputer sebagai media untuk mewujudkan impian dan mempermudah pekerjaan manusia.
Komputer merupakan serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti, yang akan sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaanya secara efektif dan efisien.
Dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai bencana-bencana yang terjadi pada kehidupan di masyarakat. Salah satu yang menjadi ketakutan pada masyarakat, pemilik perusahaan dan pada instansi-instansi pemerintahan yaitu bencana kebakaran, yang merupakan salah satu bencana yang sangat merugikan.
Dengan melihat bencana kebakaran yang sering terjadi dikehidupan masyarakat, instansi-instansi maupun para pemilik perusahaan, maka dicari suatu pemecahan dari masalah tersebut. Dalam laporan ini mencoba membahas aspek pendukung dalam upaya mengetahui tempat berlangsungnya kejadian kebakaran yang tentunya dapat membantu dan meringankan beban manusia dalam mengurangi korban jiwa dan kerugian secara materil jika terjadi kebakaran pada suatu tempat (rumah/gedung).
Dugaan sementara untuk dapat memecahkan masalah tersebut maka dibuatkan sebuah sistem yang dapat mendeteksi kebakaran secara dini, dengan tujuan dapat memberikan informasi berupa penampil lokasi kebakaran serta nama ruangan yang dapat dimonitoring langsung oleh petugas yang bersangkutan. Penggunaan alat ini semakin dibutuhkan, dengan semakin kompleksnya pekerjaan manusia dan tingginya faktor terjadinya kebakaran.

Iklan
%d blogger menyukai ini: