Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN BERBASISKAN WEB PADA PT. ELEX MEDIA KOMPUTINDO

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN BERBASISKAN WEB PADA PT. ELEX MEDIA KOMPUTINDO

Januari 4, 2010

Perancangan sistem pemasaran berbasiskan web pada PT Elex Media Komputindo bertujuan untuk memperluas pemasaran dan pelayanan melalui internet sehingga menjadi nilai tambah bagi pihak PT Elex Media Komputindo. Penelitian ini menggunakan metode analisa dan perancangan. Analisa dilakukan dengan melakukan survey terhadap sistem yang sedang berjalan di PT Elex Media Komputindo, dan menyimpulkan masalah-masalah yang terjadi. Perancangan aplikasi sesuai dengan hasil analisis sebagai pemecahan terhadap masalah-masalah yang dihadapi perusahaan. Hasil dari analisis dan perancanan adalah sebuah program aplikasi web yang digunakan untuk kegiatan pemasaran online di PT Elex Media Komputindo. Sistem pemasaran berbasiskan web ini diharapkan akan membantu PT Elex Media Komputindo dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pelanggannya sehingga mempererat hubungan antara PT Elex Media Komputindo dengan pelanggannya, dan pada akhirnya diharapkan akan dapat membawa keuntungan bagi PT Elex Media Komputindo. Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya aplikasi ini, masalah yang dialami oleh pelanggan mengenai kurang lengkapnya informasi, fitur aplikasi, dan kesulitan dalam menggunakan sistem pemasaran online akan dapat diatasi.

Pemegang kunci penting di dalam pengembangan bisnis perusahaan ialah konsumen. Tiap-tiap perusahaan selalu memikirkan cara terbaik untuk menarik konsumen. Cara-cara berbeda yang diambil setiap perusahaan tersebut disebut strategi pemasaran. Pemasaran merupakan proses manajemen untuk mengidentifikasi keinginan, pola, dan respon konsumen, mengantisipasi, dan memuaskan konsumen, namun tetap menghasilkan keuntungan bagi pihak perusahaan. E-marketing atau pemasaran secara elektronik ialah salah satu strategi pemasaran yang menggunakan media elektronik seperti web untuk melakukan pemasaran produk atau jasanya. E-marketing merupakan cara pemasaran yang tidak memerlukan biaya tinggi namun memiliki jangkauan pemasaran yang sangat luas.
PT Elex Media Komputindo didirikan pada tanggal 15 Januari 1985 untuk mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Pada awal berdirinya PT Elex Media Komputindo, selaku penerbit melakukan kegiatan menerbitkan berbagai buku komputer dan majalah komputer dan elektronika yaitu majalah Elex dan Mikrodata, kemudian berkembang dengan menerbitkan buku komik, buku anak dan buku manajemen. Dalam kegiatan operasionalnya, PT Elex media Komputindo juga menjalin kerjasama yang baik dengan penerbit dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat (Sybex, Microsoft Press, Ziff Davis, Prentince Hall, Addison Wesley, The Economist Book, Harvard Business School, Wordware, SterlingPaperback), Jerman dan negara lain sekitarnya (Markt & Technik, Henzeis Verlag, Pittman Publishing, Asiapac, Canfonian) serta Jepang (Kondansha, Shogakukan, Shueisha, Tohan, Gakken-Sha, Joei, Ohmsha, Kaisei-Sha, Akita Shoten, Hakusansha) Dikarenakan mayoritas konsumennya adalah anak-anak, kali ini PT. Elex Media Komputindo mengincar anak-anak usia 3 hingga 12 tahun sebagai target pemasarannya. Dengan adanya website yang informatif dan up-to-date, interaktif, dan dinamis, diharapkan PT. Elex Media Komputindo akan dapat memperoleh nilai lebih dari kepuasan konsumen untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor-kompetitornya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk memilih penulisan skripsi dengan judul “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN BERBASISKAN WEB PADA PT. ELEX MEDIA
KOMPUTINDO.”

%d blogger menyukai ini: