Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > AUTOMATISASI KWH METER DIGITAL VIA SMS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89S51

AUTOMATISASI KWH METER DIGITAL VIA SMS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89S51

Januari 4, 2010

Automatisasi KWH Meter digital via sms berbasis mikrokontroller AT89S51 adalah suatu alat yang digunakan untuk mengefektifkan KWH Meter dengan display digital dan pengiriman data pemakaian via sms.
Prinsip kerja rangkaian ini secara umum adalah pada saat posisi standby, beban yang akan diukur dimasukan ke steker sebagai input pada rangkaian ini, setelah beban terkoneksi maka alat secara otomatis mengukur besar pemakaian dan hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk LCD, alat juga akan menghitung apakah sudah dalam pemakaian selama 30 hari (dalam simulasi alat hanya 5 menit) jika sudah alat akan secara otomatis mengirimkan data informasi tersebut dalam bentuk format sms ke hp pengguna maupun hp yang ada pada system PLN sehingga pihak yang berkepentingan dapat mengolah data informasi ini lebih lanjut.

Teknologi sebagai hasil peradaban manusia yang semakin maju, dirasakan sangat membantu dan mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan di zaman modern seperti saat ini. Walaupun terkadang teknologi yang berkembang dengan sangat cepat membawa dampak negatif bagi manusia dan menjadi masalah baru yang harus dihadapi. Berbagai macam penemuan merambah berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari transportasi, telekomunikasi dan Informasi, komputer, kedokteran, pertanian sampai dengan dunia industri.
Kemajuan tersebut salah satunya dapat dilihat dengan banyaknya piranti-piranti elektronik yang dapat membantu atau mempermudah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh manusia menjadi lebih praktis, ekonomis dan efisien tanpa memandang jarak dan waktu.
Salah satu komponen elektronika yang digunakan di setiap rumah, kantor dan di manapun yang sudah menggunakan listrik salah satunya adalah Kilo Watt Hour Meter (KWH meter), KWH meter merupakan alat penghitung pemakaian energi listrik. Pada umumnya alat ini masih bersifat analog dan mekaniknya memanfaatkan pengaruh induksi medan magnet sebagai penggerak piringan almunium. Penggunaan KWH meter seperti ini dianggap kurang akurat karena tingkat ketelitiannya masih dipengaruhi oleh panas dan mekanik elemen pendukungnya. Pada setiap penggunaan KWH meter, Perusahaan Listrik Negara (PLN) selaku pengelola listrik Negara menitipkan alat ini di setiap bangunan yang menggunakan jasa listrik dari PLN
Setiap bulannya petugas PLN datang menghampiri rumah-rumah guna melakukan pencatatan dari total pemakaian listrik tiap-tiap rumah. Kadang-kadang pencatatan yang dilakukan petugas PLN berbeda dengan pemakaian asli tiap-tiap rumah. Hal ini dapat menimbulkan kerugian di PLN jika pencatatan lebih sedikit dari pemakaian dan merugikan konsumen jika pencatatan lebih besar dari pemakaian sebenarnya.
Berdasarkan perkembangan dan beberapa masalah yang sering dialami PLN dan Konsumen tersebut maka penulis mencoba untuk membuat suatu alat dan penelitian Tugas Akhir dengan judul “AUTOMATISASI KWH METER DIGITAL VIA SMS BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89S51” .

%d blogger menyukai ini: