Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > IMPLEMENTASI METODE STRUCTURED APPROACH DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID P

IMPLEMENTASI METODE STRUCTURED APPROACH DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID P

Januari 4, 2010

Pemanfaatan Komputer dalam optimalisasi Sistem Informasi pada sebuah instansi telah melahirkan berbagai metode dalam pengembangan sistem, dan salah satu diantara sekian metode tersebut adalah Structured Approach atau lazim pula disebut Pendekatan Terstruktur.

Pendekatan Terstruktur memiliki banyak kelebihan dalam pengembangan sistem karena polanya yang sistematis. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh metode ini menarik perhatian penulis untuk diterapkan pada obyek penelitian Tugas Akhir penulis dalam perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Penerapan metode Structured Approach pada perancangan Sistem Informasi Akademik pada Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid dimulai dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dengan manajemen pengelola, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisa data dan perancangan sistem. Analisa data dilakukan dengan alat bantu Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, System Flow Chart. Sedangkan perancangan sistem ditekankan pada tampilan interfacing pada proses Input dan Output pada perangkat lunaknya. Dalam perancangan perangkat lunak penulis mencoba menggunakan pendekatan prototyping. Setelah perancangan selesai dilakukan, dilakukan uji coba perangkat lunak sampai kemudian didapatan kesimpulan bahwa perangkat lunak sudah siap untuk menangani manajemen pengolahan data pada Sistem Informasi Akademik.

Agar Sistem Informasi Akademik ini dapat terus berlangsung dan mengikuti perkembangan, penulis memberikan beberapa titik pengembangan yang bisa dikelola oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengembangan sistem. Dengan demikian Sistem Informasi ini bisa menjadi program pintar apabila kemudian dikembangkan ke taraf Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Pakar.

Keberadaan Perguruan Tinggi sebagai salah satu ujung tombak peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang pendidikan adalah suatu kenyataan yang tidak terbantahkan lagi keberadaannya. Semakin banyaknya Perguruan Tinggi di Indonesia mencerminkan bahwa tingkat pendidikan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.
Berbicara mengenai perguruan tinggi, maka kita tidak akan bisa terlepas dari membicarakan sistem yang ada di dalamnya. Sebagai sebuah institusi yang sangat kompleks, maka tolak ukur yang bisa dijadikan acuan keberhasilan dalam pengelolaannya adalah keberadaan Sistem Informasi. Suatu Perguruan Tinggi yang dikelola dengan dengan Sistem Informasi yang baik akan mampu mengendalikan manajemen instutusi dengan baik sehingga dapat diharapkan tujuan pendidikan yang menjadi landasan idealisnya akan terwujud dengan baik pula.
Sebagai suatu sistem yang sangat besar, Perguruan Tinggi memiliki sub sistem yang banyak dengan masing-masing membentuk pola hubungan kerja sehingga terwujud sebuah sentralisasi sistem yang saling mendukung dan berkaitan. Salah satu di antara sekian sub sistem yang ada di Perguruan Tinggi adalah sistem akademik yang merupakan inti dari didirikannya institusi Perguruan Tinggi.
Keberadaan Sistem Akademik sebagai inti dari institusi Perguruan Tinggi disebabkan karena sistem ini bersinggungan langsung dengan ketiga komponen civitas akademika (yang meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa) dalam seluruh kegiatan pendidikan mahasiswa. Kegagalan dalam mengelolaan sistem ini bisa disimpulkan kegagalan Perguruan Tinggi secara menyeluruh. Dengan demikian pengelolaan sistem ini memerlukan sebuah penanganan yang lebih serius dengan melalui suatu Sistem Informasi Akademik (SIA).
Mengingat pentingnya keberadaan Sistem Informasi Akademik dalam sebuah Institusi Perguruan Tinggi, maka penulis merasa tertantang untuk ikut memberikan kontribusi ilmiah dalam pengembangannya dengan kapasitas penulis sebagai mahasiswa Teknik Informatika. Untuk itu penulis mencoba untuk melakukan penelitian tantang pengelolaan Sistem Informasi Akademik yang penulis lakukan di Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid, almamater di mana penulis banyak belajar tentang Sistem Informasi.

Iklan
%d blogger menyukai ini: