Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENGOLAHAN DATA GALIAN C KABUPATEN ACEH BESAR

PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENGOLAHAN DATA GALIAN C KABUPATEN ACEH BESAR

Januari 4, 2010

Aceh Besar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang memiliki sumberdaya mineral yang cukup melimpah. Salah satu sumberdaya mineral yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Besar yaitu galian C. Galian C merupakan salah satu jenis bahan galian tambang yang banyak dilakukan pencarian. Jenis bahan galian C di Kabupaten Aceh Besar tersebar hampir diseluruh kecamatan. Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NAD bekerjasama dengan lembaga instansi pemerintahan Jerman yaitu Bundesanstalt fur Geowissenschaften und Rohstoffe (BGR) melakukan pengumpulan data galian C Kabupaten Aceh Besar.
Data galian C Kabupaten Aceh Besar yang terdapat di Distamben-NAD berbentuk peta analog (manual) dan data atributnya dalam bentuk file manual yang akibatnya terjadi kerusakan secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, peta dan data tersebut dikonversi ke dalam bentuk data digital dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) sehingga mudah dalam pengelolaannya.

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan salah satu teknologi informasi yang sangat membantu dalam pengolahan data sebaran galian C Kabupaten Aceh Besar. Data tersebut dikonversikan dalam bentuk data digital. Setelah dikonversi dalam bentuk data digital, data galian C dapat saling berintegrasi dan manipulasi dengan berbagai data lainnya sehingga dapat memberikan informasi mengenai keadaan geografisnya.
Keunggulan Sistem Informasi Geografis dalam mengatur, menganalisa dan menampilkan semua bentuk informasi yang bereferensi geografis membuat SIG sangat berperan penting dalam pengelolaan sumber daya mineral khususnya bahan galian C. SIG yang terdiri dari komponen hardware dan software mampu menampilkan data spasial yaitu data yang bereferensi pada geografis. SIG mampu menggabungkan data spasial yang berbeda untuk memperoleh informasi baru yang belum didapatkan sebelumnya. Aplikasi SIG tidak hanya terbatas pada tampilan data secara digital saja tetapi dengan data yang ada pengguna SIG dapat mengembangkan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses pengolahan data galian C menggunakan SIG sehingga dapat memberikan informasi galian C secara akurat.

%d blogger menyukai ini: