Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Perancangan Aplikasi Penjualan Aksesoris Motor Berbasis Web Pada PT. Surya Mandiri Motorindo

Perancangan Aplikasi Penjualan Aksesoris Motor Berbasis Web Pada PT. Surya Mandiri Motorindo

Januari 4, 2010

PT Surya Mandiri Motor Indo ialah perusahaan yang bergerak dalam penjualan aksesoris dan spare part motor. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin luas ini, PT Surya Mandiri Motor Indo ingin merancang suatu program aplikasi pemesanan aksesoris motor secara online yang berupa website sehingga setiap pelanggan dimana saja dapat mengaksesnya setiap waktu, guna meningkatkan penjualan dan profitabilitasnya.
Masalah yang sedang dihadapi perusahaan saat ini ialah selama ini perusahaan masih menggunakan proses manual dalam melakukan proses bisnisnya. Untuk itu, Perusahaan ingin membangun suatu program aplikasi penjualan berbasis web yang tujuannya untuk memperluas pemasaran, pemesanan, serta penjualan diseluruh wilayah Indonesia. terdiri dari beberapa modul yaitu modul home, register, products, login, news, search, forgot password, contact us, company profile dan FAQ.
Dengan adanya program aplikasi ini diharapkan perusahaan dapat meningkatkan jumlah pelanggan, angka penjualan, efektivitas dan efisiensi dalam menjalani proses bisnis, serta perusahaan dapat berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Di samping itu, maksud dari program ini ialah untuk mempermudah pelanggan bertransaksi serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat telah menjadi pendukung utama untuk memperoleh informasi dengan cara mudah dan cepat. Salah satu aplikasi teknologi informasi yang berhubungan dengan perdagangan ialah e-commerce, yaitu proses bisnis yang menggunakan dunia maya melalui website (cara aksesnya melalui internet).
Penerapan teknologi informasi dapat membantu meningkatkan kemajuan perusahaan, seperti dalam hal pemasaran, pemesanan, sampai proses transaksi penjualan dll. Perkembangan dunia bisnis yang semakin maju dan tingkat persaingan yang bertambah besar, membangkitkan kesadaran para pengusaha untuk bekerja lebih keras dalam mengelola perusahaannya. Perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan tidak dapat melepaskan diri dari kegiatan pemasaran. Pemasaran yang baik dan yang tersebar luas merupakan faktor untuk meningkatkan hasil penjualan perusahaan. Maka, diperlukan koordinasi yang baik antara pemasaran dan penjualan.
PT Surya Mandiri Motor Indo merupakan distributor produk sparepart dan aksesoris motor kepada toko-toko sparepart motor dan ke pemakai langsung, jadi tipe bisnis yang digunakan yaitu penjualan bisnis ke bisnis dan penjualan bisnis ke konsumen. Skala perusahaan ini termasuk skala perusahaan menengah karena area pemasarannya yang dijangkau dari dalam kota sampai luar kota wilayah Indonesia.
Sistem pada PT Surya Mandiri Motor Indo masih menggunakan cara manual dalam menjalankan proses bisnisnya. Hal ini menyebabkan sistem yang sedang berjalan tidak seefektif dan seefisien yang diharapkan serta pelanggan-pelanggan yang di daerah tidak dapat dijangkau dengan baik oleh perusahaan. Untuk mengendalikan masalah ini, maka perlu dirancang program aplikasi pemasaran dan penjualan yang berbentuk website yang digunakan untuk pemasaran dan proses penjualan secara online.

%d blogger menyukai ini: