Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Perancangan e-Education pada SMA Makassar

Perancangan e-Education pada SMA Makassar

Januari 4, 2010

SMA Tut Wuri makassar Makassar adalah salah satu lembaga pendidikan yang mendidik siswanya untuk lebih unggul dan berprestasi. Sistem belajar yang ada di SMA Tut Wuri makassar Makassar sama seperti kebanyakan sekolah lainnya yaitu dengan sistem tatap muka / konvensional.
Sistem belajar tatap muka mempunyai beberapa kelemahan yakni jika guru tidak hadir maka belajar mengajar menjadi terlambat. Sedangkan bila siswa yang berhalangan hadir maka akan ketinggalan mata pelajaran yang dibahas pada saat siswa yang bersangkutan tidak hadir. Waktu yang relatif terbatas pada pelaksanaan proses belajar mengajar menyebabkan kurang efektif dalam penerimaan pelajaran bagi siswa.
Oleh karena itu, sangatlah perlu adanya sebuah perancangan aplikasi yang dapat mempermudah siswa untuk belajar, dimana aplikasi ini nantinya diharapkan dapat memberikan sebuah rangsangan tersendiri bagi siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar. Untuk itu kami mencoba merancang sebuah aplikasi dan menuangkannya ke dalam bentuk skripsi dengan judul : “Perancangan e-Education pada SMA Tut Wuri makassar Makassar”.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat telah banyak memberi perubahan dan kemajuan pada perkembangan zaman. Istilah Teknologi Informasi atau IT yang popular saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang perkembangan teknologi komputer. Information Technology merupakan teknologi yang digunakan dalam menyampaikan dan mengolah informasi berbasis komputer. Keunggulan penerapan teknologi informasi berbasis komputer telah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Terbukti dengan pemanfaatan teknologi komputer yang makin luas yang dapat mengoptimalkan suatu pekerjaan sehingga memberikan hasil yang lebih cepat, tepat dan akurat dibanding dengan penerapan sistem sebelumnya yang masih bersifat manual, terutama dalam bidang-bidang pekerjaan yang memerlukan informasi secara cepat, tepat dan aman.
Saat ini Web tidak semata-mata digunakan untuk menampilkan informasi saja, namun fungsi web telah meluas antara sesama pemakai internet dapat berkomunikasi dengan cara mengirim dan menerima pesan. Selain itu fasilitas internet juga memberikan pengambilan file-file secara gratis. Tentu saja ini menjadikan internet sebagai media/sarana informasi dan teknologi yang terpercaya dan tercepat bagi masyarakat dunia. Teknologi informasi bukan lagi menjadi kalimat yang asing bagi orang berkecimpung di dunia komputer, tidak mengherankan jika banyak sekali kita jumpai tempat-tempat untuk mengakses internet. Bukan itu saja bahkan dikalangan perusahaan dan lingkungan pendidikan seperti Sekolah, kini telah membuka jaringan akses untuk layanan internet, seperti halnya pada SMA Makassar.
SMA Makassar adalah salah satu lembaga pendidikan yang mendidik siswanya untuk lebih unggul dan berprestasi. Sistem belajar yang ada di SMA Makassar sama seperti kebanyakan sekolah lainnya yaitu dengan sistem tatap muka. Sistem belajar tatap muka mempunyai beberapa kelemahan yakni jika guru tidak hadir maka belajar mengajar menjadi terlambat. Sedangkan bila siswa yang berhalangan hadir maka akan ketinggalan mata pelajaran yang dibahas pada saat siswa yang bersangkutan tidak hadir. Waktu yang relatif terbatas pada pelaksanaan proses belajar mengajar menyebabkan kurang efektif dalam penerimaan pelajaran bagi siswa. SMA Tut Wuri Handayani saat ini memiliki jumlah siswa sebanyak 285 orang dan tenaga pengajar sebanyak 26 orang. Minimnya jumlah tenaga pengajar juga menjadi hambatan dalam proses belajar mengajar pada SMA ini dikarenakan hanya satu orang guru yang memegang tiap mata pelajaran.
Melihat karakter siswa yang berbeda – beda dalam menerima pelajaran dan kemampuan setiap siswa dalam menyerap pelajaran dimana dalam proses belajar mengajar dibutuhkan suatu komunikasi yang efektif antara guru dan siswa sehingga apapun yang diberikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa. Sehingga dari pengamatan tentang proses belajar mengajar bagi siswa SMA Makassar, sebaiknya dibuatkan suatu alternatif perancangan sistem yang dapat memudahkan siswa untuk belajar.
Ditinjau dari berbagai sisi, terdapat banyak aspek yang membutuhkan sistem informasi yang diproses secara komputerisasi Salah satu sistem yang belum terpikirkan untuk dikembangkan pada SMA Makassar adalah sistem e-education / belajar online. Selama ini untuk melaksanakan proses belajar mengajar harus dilakukan secara tatap muka di kelas sehingga apabila salah satu pihak tidak hadir maka proses belajar mengajar jadi tidak lengkap, tapi dengan adanya perancangan sistem ini akan memudahkan para siswa untuk melakukan belajar dari jarak jauh sehingga bisa melakukan penghematan baik dari aspek waktu maupun tenaga. Selain dapat pula membantu para guru, bilamana harus melakukan perjalanan karena tugas keluar daerah atau kota maka proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis mencoba merancang sistem informasi dengan judul “ Perancangan e-Education pada SMA Makassar”.

%d blogger menyukai ini: