Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Perancangan Jaringan Komputer Pada SMA Negeri 9 Makassar

Perancangan Jaringan Komputer Pada SMA Negeri 9 Makassar

Januari 4, 2010

Proyek akhir ini ditujukan untuk membuat gambaran tentang langkah-langkah membangun sebuah jaringan komputer pada sebuaah SMU. Diharapkan setelah perancangan ini dibuat, selanjutnya dapat betul-betul diaplikasikan pada sekolah yang bersangkutan.
Pada tahap pengujian aplikasi dilakukan dengan membuatkan simulasinya pada program aplikasi Packet Tracert 5.0, dengan pengalamatan IP pada masing-masing komputer simulasi dapat dijalankan dengan perintah ping untuk tes koneksinya dan hasilnya sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang telah lama berdiri, SMA Neg. 9 Makassar tentu saja memerlukan sebuah sistem jaringan komputer untuk menunjang kinerja dari sekolah tersebut. Hal ini terutama dibutuhkan untuk bagian akademik yang mana seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan ini maka dibutuhkan sebuah sistem jaringan komputer untuk menunjang kinerja dari bagian akademik maupun untuk kegiatan belajar mengajar.
Untuk mewujudkan harapan tersebut, dibutuhkan dukungan dan baik dari pihak sekolah maupun dari sistem yang dipakai saat ini. Sistem komputerisasi yang diterapkan oleh SMA Neg. 9 masih bersifat stand alone artinya setiap komputer tidak terhubung dengan komputer lainnya. Sebagian besar kegiatan operasional sekolah dilakukan dengan komputer. Pengolahan sampai penyimpanan data sangat bergantung pada komputer. Sehari-hari siswa-siswa belajar komputer di laboratorium komputer, tetapi komputer-komputer yang ada masih belum terhubung satu sama lain apalagi bisa akses internet. Hal ini tentu saja merupakan kendala tersendiri bagi pihak sekolah serta tidak sesuai lagi dengan perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat. Salah satu hambatan belum adanya jaringan komputer di sekolah ini, disebabkan belum adanya tenaga pengajar yang berpengalaman di dalam pembuatan jaringan serta tanggapan bahwa rumitnya prosedur yang harus dijalani dan tentu saja mahalnya biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak sekolah. Meskipun dari segi biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, tapi manfaat dari adanya jaringan komputer mungkin dapat diimbangi dengan efisiensi dan efektifitas yang dihasilkan dari sistem ini.
Proyek ini dibuat untuk memberikan gambaran dan motivasi kepada pihak sekolah tentang langkah-langkah dalam membangun sebuah jaringan komputer berupa LAN hingga dapat mengakses internet. Tentu saja dengan bahasa dan langkah-langkah yang mudah dipahami. Sistem ini akan menggantikan sistem lama, yaitu sistem jaringan komputer yang tidak saling terhubung. Sistem ini diharapkan dapat memberikan peningkatkan produktifitas kerja sekolah dengan pelayanan kerja sistem yang lebih cepat, akibat dari otomatisasi seluruh fungsi operasional pengolahan data dan dapat kegiatan belajar mengajar siswa.

%d blogger menyukai ini: