Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > PERANCANGAN NETWORK DISKLESS BERBASIS LINUX MANDRAKE 8.2

PERANCANGAN NETWORK DISKLESS BERBASIS LINUX MANDRAKE 8.2

Januari 4, 2010

Fenomena yang banyak terjadi saat ini adalah banyak instansi atau perorangan yang ingin mendayagunakan komputernya meskipun kecepatan dan media penyimpanan minimum, tetapi komputer tersebut masih dapat dipergunakan dengan baik pada sebuah jaringan, baik untuk mengakses informasi local ataupun global. Salah satu pendayagunaan komputer tersebut dapat diimplementasikan dengan menghubungkan komputer tersebut kedalam sebuah jaringan, jaringan yang dimaksud adalah jaringan tanpa harddisk (Diksless) berbasis Linux.
Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu :
Dengan Network Diskless biaya yang dikeluarkan sangat rendah dibandingkan menggunakan jaringan biasa.
Backup data terpusat di server.
Keamanan data terpusat di server.
Pemeliharaan dilakukan pada satu komputer, yaitu komputer server.
Mengoptimalkan sumber daya yang ada (komputer lama).

Perkembangan teknologi komputasi berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya Personal Computer (PC) canggih generasi Pentium IV dengan kecepatan 3.0 GHz ke atas dan media penyimpanan yang semakin besar kapasitasnya. Perkembangan ini diikuti pula dengan perkembangan perangkat lunak, seolah ā€“ olah perangkat lunak tersebut dirancang untuk PC tersebut. Fenomena yang ada saat ini banyak orang yang ingin mendayagunakan komputernya meskipun kecepatan dan media penyimpanan minimum, agar masih dapat dipergunakan dengan baik pada sebuah jaringan, baik untuk mengakses informasi local ataupun global, salah satu pendayagunaan komputer tersebut dapat diimplementasikan dengan menghubungkan komputer tersebut kedalam sebuah jaringan, jaringan yang dimaksud adalah jaringan tampa harddisk (Diskless) berbasis Linux.
Kehadiran Linux di dalam dunia teknologi informasi tidak hanya sekedar merupakan kehadiran sebuah sistem operasi alternatif belaka, namun lebih jauh lagi merupakan pemicu adanya peningkatan dibidang industri perangkat lunak karana yang sifatnya open source didunia pemrograman dan pengembangan perangkat lunak. Masalah yang menjadi dasar pertanyaan adalah bagaimana proses jaringan diskless yang diterapkan berjalan dengan baik sedangkan computer client yang terhubung ke server tidak dilengkapi dengan media penyimpanan yaitu harddisk dan tidak memiliki sistem operasi, sehingga dalam hal ini memerlukan media untuk malakukan boot di computer client dan mendapatkan sumberdaya dari computer server, media tersebut adalah dengan menggunakan sebuah kernel, namun apakah kernel tersebut telah sesuai dengan perangkat keras computer client dan prosedur jaringan tanpa harddisk.
Berdasarkan penelitian penulis selama mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi dari tanggal 2 mei sampai tanggal 29 Juli 2005, maka penulis mengajukan laporan tugas akhir berjudul ā€œ PERANCANGAN NETWORK DISKLESS BERBSIS LINUX MANDRAKE 8.2 ā€

Iklan
%d blogger menyukai ini: