Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI PENDIDIKAN

PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Januari 4, 2010

Administrasi pendidikan yang baik memegang peranan penting dalam terlaksananya penyelenggaraan pendidikan bagi lembaga pendidikan. Pengelolaan administrasi dengan cara lama atau manual seringkali menimbulkan banyak kendala terutama dalam penyajian informasi. Padahal ketepatan, keakuratan dan kecepatan penyajian informasi merupakan salah satu faktor penting dalam mengelola administrasi yang baik.
Dalam penelitian tugas akhir ini penulis mencoba menganalisa sistem administrasi pendidikan pada sebuah Perguruan Tinggi di Kabupaten Tegal yaitu STIKES Bhamada Slawi, dimana pengelolaan administrasi masih dilakukan secara manual. Dari hasil analisa tersebut kemudian dibuat suatu perancangan sistem baru yaitu dengan memanfaatkan teknologi komputer.
Dengan adanya pemanfaatan teknologi komputer/informasi pada sistem yang baru maka kelemahan-kelemahan yang ada diharapkan dapat diatasi sehingga dapat menghasilkan penyajian informasi yang cepat, tepat, lengkap dan akurat, pengaksesan data dan penyimpanan data menjadi lebih praktis, kerahasiaan data lebih terjamin yaitu dengan memberikan batasan/hak akses data kepada para penggunanya.
Sistem Administrasi Pendidikan pada STIKES Bhamada Slawi ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk pengembangan sistem selanjutnya seperti sistem pengelolaan keuangan atau penggajian karyawan/dosen. Dan pada akhirnya dapat tercipta integrasi antar sistem tersebut.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, pengelolaan administrasi pendidikan yang baik sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan pelayanan kepada pihak-pihak terkait dan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Ketepatan, keakuratan dan kecepatan penyajian data/informasi merupakan salah satu faktor penting dalam mengelola administrasi yang baik.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Mandala Husada (STIKES Bhamada) Slawi merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten Tegal yang mencetak sarjana di bidang kesehatan. Dalam melaksanakan pengelolaan administrasi STIKES Bhamada masih menggunakan cara manual sehingga dalam pelaksanaannya kurang optimal. Demikian juga dalam memberikan pelayanan kepada pengguna/pihak-pihak terkait tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Beberapa kendala yang timbul sebagai akibat dari pengelolaan secara manual tersebut di atas adalah sebagai berikut:
a. Pembuatan/penyajian laporan tidak dapat dilakukan dengan cepat.
b. Kemungkinan kesalahan proses pengolahan data dapat terjadi.
c. Media penyimpanan yang digunakan cukup banyak dan kurang praktis.
Dari kendala-kendala tersebut dapat diidentifikasikan penyebab masalahnya yaitu sebagai berikut :
a. Pemasukan/penulisan data maupun penulisan rumus/formula untuk suatu proses dapat dilakukan berulang-ulang sebagai akibat dari pekerjaan secara manual.
b. Kesalahan proses dapat terjadi karena masih menggunakan tenaga manusia.
c. Media penyimpanan data masih banyak menggunakan kertas sehingga membutuhkan tempat yang cukup banyak dan kurang praktis untuk melakukan pencarian data.
Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut di atas, penulis mencoba memberikan solusi dengan suatu rancangan sistem baru yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi/komputer yang diharapkan dapat memberikan pemecahan masalah yang terjadi dalam pengelolaan administrasi khususnya dalam pengelolaan administrasi pendidikan. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penyusunan skripsi ini penulis mengambil judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENDIDIKAN PADA STIKES BHAMADA SLAWI KABUPATEN TEGAL” .

%d blogger menyukai ini: