Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Perancangan Sistem Informasi Aplikasi penjualan dan Jasa Perbaikan Komputer pada CV. Paten Medan

Perancangan Sistem Informasi Aplikasi penjualan dan Jasa Perbaikan Komputer pada CV. Paten Medan

Januari 4, 2010

CV. Paten Medan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan jasa perbaikan komputer. Selama ini di dalam pengelolaan data penjualan dan jasa perbaikan dilakukan dengan menggunakan sistem manual, sehingga seringnya terjadi kesalahan akibat human error dan keterlambatan di dalam pembuatan laporan.
Untuk mengatasi masalah-masalah yang selama ini terjadi di sistem manual, penulis merancang suatu sistem informasi aplikasi penjualan dan jasa perbaikan komputer dengan sistem komputerisasi. Di dalam perancangan sistem informasi, penulis menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0., untuk pembuatan laporan menggunakan Seagate Crystal Report 9.0, dan untuk database, penulis menggunakan Microsoft Access 2000TM.
Dengan menggunakan sistem yang dikembangkan oleh penulis, maka data customer cukup di-input sekali saja pada form input data customer dan untuk selanjutnya pada saat pembuatan laporan maka data customer akan dibaca oleh sistem dari database yang ada sehingga data tetap konsisten dan akurat.

Sistem informasi akan mempermudah suatu perusahaan di dalam melakukan proses pengolahan data dengan pengambilan keputusan yang tepat bagi pihak manajemen. Karena itu, sistem informasi memegang peranan penting di dalam perkembangan suatu perusahaan. Dengan adanya sistem informasi yang baik, maka perusahaan akan memperoleh kemudahan untuk mempercepat tugas dan pekerjaan.
CV. Paten Medan adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan sparepart komputer dan komputer rakitan. Selain transaksi penjualan, perusahaan juga menerima perbaikan komputer yang rusak. Dalam kegiatan perbaikan komputer, pelanggan dapat menghubungi perusahaan dan perusahaan akan mengirimkan teknisi komputer untuk memeriksa komputer pelanggan yang rusak. Jika terjadi kerusakan komponen, maka teknisi komputer akan memberikan informasi kepada pelanggan komponen komputer yang rusak. Dalam pengolahan data penjualan dan jasa perbaikan komputer, perusahaan masih menggunakan Microsoft Excel 2000, sehingga tidak mudah melakukan pencarian data sesuai dengan kriteria tertentu serta tidak adanya integritas data.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian pada perusahaan ini dan mengajukan judul “Perancangan Sistem Informasi Aplikasi penjualan dan Jasa Perbaikan Komputer pada CV. Paten Medan”.

%d blogger menyukai ini: