Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBIAYAAN DENGAN PRINSIP MURABAHAH (JUAL BELI) PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. CABAN

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBIAYAAN DENGAN PRINSIP MURABAHAH (JUAL BELI) PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. CABAN

Januari 4, 2010

Sistem informasi pengolahan data klaim asuransi kecelakaan diri pada PT. Jasaraharja Putera cabang Padang didukung dengan bahasa pemograman visual basic 6.0 merupakan upaya pengembangan system informasi pada PT. Jasaraharja Puter cabang Padang.
Pengembangan sistem ini dengan cara mendesain sebuah system kerja yang menggunakan sistem komputerisasi dengan sebuah database. Sehingga dapat membantu dalam pengolahan data klaim asuransi kecelakaan diri, dengan demikian kendala untuk menghasilkan sebuah informasi yang akurat dan tepat waktu dapat diatasi.
Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara dan observasi. Sebagai hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahasa pemograman yang dapat mengolah data dengan baik, khususnya pengolahan data pemesanan barang pada PT. Jasaraharja Putera cabang Padang.

PerBankan adalah sutau lembaga keuangan yang melaksanakan fungsi usaha menghimpun dana, menyalurkan dana dan jasa perbankan lainnya. Bank Syariah adalah salah satu lembaga keuangan yang menjalankan operasional secara syariat islam. Berkembangnya perbankan syariah adalah karena adanya kehendak sebahagian masyarakat untuk melaksanakan transaksi perbankan atau kegiatan ekonomi secara umum yang sejalan dengan nilai dan prinsip syariah islam. Disamping itu tuntutan pada perbankan tentang keadilan dan transparansi dalam kegiatan operasional bank seperti sistem syariah. Salah satu bank syariah yang ada di padang adalah BRI Syariah, Bank ini menyediakan berbagai macam produk perbankan. Salah satu bentuk produk bank syariah yang ditawarkan adalah Pembiayaan dengan prinsip Murabahah yaitu merupakan kegiatan jual beli pada harga pokok dengan tambahan keuntungan (ribhu) yang telah disepakati. Dalam hal ini bank bertindak sebagai penjual, sementara nasabah sebagai pembeli. Kegiatan Murabahah ini baru akan dilakukan setelah ada kesepakatan dengan pembeli, baru kemudian pemesanan.
Sejalan dengan berkembangnya perbankan syariah di Indonesia, maka mulai meningkatkan nasabah pada Bank BRI Syariah Padang, perkembangan ini membutuhkan sistem informasi yang akurat dan transparansi sesuai syariah islam. Sistem informasi perbankan yang selama ini banyak dikembangkan adalah sistem informasi perbankan konvensional, tetapi sistem informasi perbankan syariah belum banyak dikembangkan, khususnya di bidang Pembiayaan dengan sistem Murabahah.
Berdasarkan uraian di atas itulah penulis berkeinginan melakukan penelitian dan membuat suatu sistem informasi yang berguna dalam dunia perbankan khususnya pada Bank BRI Syariah Padang dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu pengolahan data dan software aplikasi Visual Basic dalam pembuatan software aplikasi khusus nantinya. Dimana penelitian tersebut penulis beri judul, “Perancangan Sistem Informasi Pembiayaan Dengan Prinsip Murabahah (Jual beli) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Padang “.

Iklan
%d blogger menyukai ini: