Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > RANCANGAN SISTEM INFORMASI KEGIATAN AKADEMIK MENGGUNAKAN VISUAL FOXPRO 6.0 DI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

RANCANGAN SISTEM INFORMASI KEGIATAN AKADEMIK MENGGUNAKAN VISUAL FOXPRO 6.0 DI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Januari 4, 2010

Perkembangan era globalisasi menuntut masyarakatnya untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan khususnya dibidang komputer dalam rangka menjawab tantangan dunia kerja. Telah menjadi tekad para pendiri lembaga ini untuk membantu pemerintah dan masyarakat kota Tangerang dalam wujud pendirian STMIK Raharja Tangerang dan merupakan lembaga yang terbaik dalam bidang pendidikan komputer.

Pada STMIK Raharja Tangerang perkembangan jumlah mahasiswa yang terus bertambah setiap tahunnya memberikan konsekuensi yang cukup serius dalam penanganan, pengolahan dan pengoperasian layanan kegiatan akademik. Hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar di dalam pelayanan kepada mahasiswa, baik dalam Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), Pencetakan Kartu Studi Tetap (KST), Pencetakan Kartu Studi Tetap Final (KSTF), Pencetakan Kartu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), Pencetakan Kartu Hasil Studi (KHS) setiap semester. Selain itu untuk meningkatkan keamanan, kerahasiaan dan menghindari kehilangan data yang dapat berakibat fatal bagi sistem informasi kegiatan akademik.

Untuk itu diperlukan adanya sistem yang dapat menyajikan informasi yang cepat dan akurat, sehingga dapat dipertanggungjawabkan terhadap pimpinan, dan peningkatan pelayanan kepada mahasiswa.

Dengan adanya permasalahan seperti di atas maka perlu diadakan pembenahan terhadap sistem yang sedang berjalan, sehingga dibuatlah sebuah pemecahan masalah dengan melakukan sistem komputerisasi untuk menangani kegiatan Akademik dengan judul “Rancangan Sistem Informasi Kegiatan Akademik Menggunakan Visual Foxpro 6.0 Di STMIK Raharja Tangerang”.

Perkembangan komputer dewasa ini sangat pesat dan cepat, seiring dengan lajunya perekonomian di negeri ini. Kebutuhan akan komputer merupakan hal yang utama saat ini sebagai penunjang pekerjaan atau membantu menyelesaikan tugas-tugas, selain itu merupakan lahan bisnis yang menguntungkan dan menyenangkan baik untuk bidang bisnis, jasa pengolahan data, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Komputerisasi sangat berperan dalam menerapkan dan mengembangkan sistem informasi. Dan memandang bahwa informasi tersebut sebagai salah satu media atau sarana pendukung dalam memperoleh informasi yang cepat dan akurat.
Peranan komputer saat ini banyak dipergunakan untuk keperluan pengolahan data baik data dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah yang relatif besar. Sebelum adanya komputer data tersebut diolah secara manual, yang semua pekerjaan seperti catat-mencatat, membuat formulir, membuat bagan-bagan, membuat grafik, penghitungan data keuangan dilakukan oleh manusia yang memerlukan waktu yang cukup lama dan sering mengakibatkan kesalahan yang diakibatkan oleh manusia itu sendiri. Dengan adanya komputer akan menghemat waktu, biaya dan efisien kerja akan bisa dicapai.
Pada era globalisasi dalam suatu perusahaan ataupun organisasi yang bergerak di bidang apapun peranan komputer sangatlah penting sebagai penunjang kelancaran terlaksananya suatu kegiatan dengan cepat dan akurat. Peran komputer ini diharapkan dapat menunjang keberhasilan dan perkembangan suatu perusahaan atau organisasi khususnya perguruan tinggi swasta yang mempunyai peranan dan tanggung jawab di dalam usaha melaksanakan program pendidikan nasional.
Pada STMIK Raharja perkembangan jumlah mahasiswa yang terus bertambah setiap tahunnya memberikan konsekuensi yang cukup serius dalam penanganan, pengolahan dan pengoperasian layanan kegiatan akademik. Hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar di dalam pelayanan kepada mahasiswa, baik dalam Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), Pencetakan Kartu Studi Tetap (KST), Pencetakan Kartu Studi Tetap Final (KSTF), Pencetakan Kartu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), pencetakan Kartu Hasil Studi (KHS) setiap semester. Selain itu untuk meningkatkan keamanan, kerahasiaan dan menghindari kehilangan data yang dapat berakibat fatal bagi sistem informasi kegiatan akademik.
Dengan adanya permasalahan seperti di atas maka perlu diadakan pembenahan terhadap sistem yang sedang berjalan dan pengembangannya harus disesuaikan dengan kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang. Untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi serta memberikan mutu pelayanan yang lebih baik maka dibuatlah sebuah pemecahan masalah dengan melakukan sistem komputerisasi untuk menangani kegiatan akademik dengan judul “RANCANGAN SISTEM INFORMASI KEGIATAN AKADEMIK MENGGUNAKAN VISUAL FOXPRO 6.0 DI STMIK RAHARJA TANGERANG”

%d blogger menyukai ini: