Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Sistem Informasi Distribusi Minyak Tanah Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0

Sistem Informasi Distribusi Minyak Tanah Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0

Januari 4, 2010

Pt. (Persero) Pertamina Merupakan Salah Satu Instansi Pemerintah Yang Mendistribusikan Minyak Tanah Kepada Masyarakat Melalui Agen-Agen Yang Telah Ditunjuk Oleh Pemerintah. Dalam Pembagian Minyak Tanah, Agen-Agen Melakukan Pembayaran Terlebih Dahulu Kepada Pt. (Persero) Pertamina Yang Selanjutnya Disalurkan Kepada Agen Tersebut. Agen-Agen Tersebutlah Yang Membagikan Minyak Tanah Kepada Masyarakat. Namun, Dalam Pendistribusian Minyak Tanah, Pihak Pt. (Persero) Pertamina Sering Mengalami Keterlambatan Dikarenakan Pengumpulan Data-Data Yang Diperlukan Dalam Mendistribusikan Minyak Tanah Masih Dicatat Dalam Buku Transaksi Dan Diurutkan Sesuai Abjad. Kemudian Penyajian Laporannya Disajikan Dengan Bantuan Aplikasi Ms. Excel.
Untuk Mengatasi Masalah Yang Dihadapi, Penulis Merancang Suatu Sistem Informasi Distribusi Minyak Tanah Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 Dan Perancangan Database Digunakan Microsoft Access 2000 Serta Laporan – Laporan Yang Dihasilkan Dirancang Dengan Menggunakan Seagate Crystal Report 8.5.
Dengan Adanya Sistem Usulan Ini, Pihak Manajemen Dapat Memperoleh Informasi Distribusi Minyak Tanah Secara Cepat Dan Akurat. Selain Itu, Laporan Distribusi Dan Pembayaran Pada Pt. (Persero) Pertamina Medan Dapat Di Cetak Sesuai Kebutuhan Dengan Efisien Dan Efektif, Sehingga Membantu Pihak Manajemen Perusahaan Untuk Mengambil Keputusan Dengan Lebih Tepat.

Indonesia merupakan salah satu negara yang tersubur didunia, juga terkenal akan hasil bumi. Salah satunya hasil bumi adalah minyak. Kebutuhan akan minyak tanah di Indonesia sangat besar, karena sebagian besar masyarakatnya masih menggunakan minyak tanah. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah telah mendirikan instansi untuk mendistribusikan minyak tanah kepada masyarakat. Instansi yang didirikan oleh pemerintah adalah PT. (Persero) Pertamina yang bertugas mendistribusikan hasil bumi termasuk minyak tanah.
PT. (Persero) Pertamina mendistribusikan minyak tanah kepada masyarakat melalui agen-agen yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Dalam pembagian minyak tanah, agen-agen melakukan pembayaran terlebih dahulu kepada PT. (Persero) Pertamina dan kemudian PT. (Persero) Pertamina akan meyalurkan kepada agen tersebut. Agen-agen tersebutlah yang membagikan minyak tanah kepada masyarakat. Namun, dalam pendistribusian minyak tanah, pihak PT. (Persero) Pertamina sering mengalami keterlambatan dikarenakan pengumpulan data-data yang diperlukan dalam mendistribusikan minyak tanah masih dicatat dalam buku transaksi dan diurutkan sesuai abjad. Kemudian penyajian laporannya disajikan dengan bantuan aplikasi MS. Excel. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi yakni informasi distribusi minyak yang dapat memberikan data yang tepat dan akurat dalam mendistribusikan minyak tanah.
Berdasarkan penguraian diatas, maka penulis melakukan penelitian yang berjudul :”Perancangan Sistem Informasi Distribusi Minyak Tanah Pada PT. (Persero) Pertamina Medan.”

Iklan
%d blogger menyukai ini: