Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > Sistem Informasi Mutasi Siswa Di SMKN. 1 Tasikmalaya

Sistem Informasi Mutasi Siswa Di SMKN. 1 Tasikmalaya

Januari 4, 2010

Laporan Tugas Akhir dengan judul “ Perancangan Sistem Informasi Mutasi Siswa di SMK Negeri 1 Tasikmalaya” ini bertujuan untuk mengimplementasikan suatu sistem informasi kesiswaan berbasis komputer yang dapat diandalkan, Sehingga mampu menghasilkan informasi dan laporan yang lebih cepat, akurat dan relevan dengan kebutuhan.
Sumber dan jenis data yang digunakan diperoleh melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Diantaranya dengan melakukan observasi dan interview langsung pada obyek penelitian serta ditunjang dengan literatur-literatur yang sesuai. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, ditemukan kendala-kendala dari sistem yang saat ini sedang berjalan, antara lain : keterlambatan penyampaian laporan dan informasi, seringnya terjadi kesalahan terhadap hasil pekerjaan, sulitnya mencari data yang masih diorganisir secara manual, waktu kerja yang berlebihan sebagai akibat dari proses yang tumpang tindih dan berulang-ulang, dan sebagainya. Keadaan seperti inilah yang mendorong penulis untuk membuat suatu sistem informasi pengelolaan data, khususnya pengelolaan data kesiswaan dan diharapkan sistem informasi ini nantinya mampu mengatasi permasalahan diatas dan mengantisipasinya.

Di tengah maraknya perkembangan Teknologi Informasi saat ini, pengembangan teknologi untuk edukasi pun terus dikembangkan. Saat ini Teknologi Informasi tidak hanya dipandang sebagai sebuah bidang pendidikan saja, namun lebih dari itu Teknologi Informasi mulai dikembangkan agar dapat membantu pengembangan bidang pendidikan itu sendiri. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya Teknologi Informasi dalam mendukung kemajuan pertukaran informasi yang semakin dominan di masyarakat saat ini. Tanpa terkecuali di SMKN 1 Tasikmalaya, Teknologi Informasi diharapkan tidak hanya sekedar mendukung pengembangan pendidikan saja, namun lebih dari itu Teknologi Informasi diharapkan dapat memberikan pemecahan pada permasalahan pendidikan dan informasi yang ada di SMKN 1 Tasikmalaya.
SMKN 1 Tasikmalaya sebagai sekolah berstandar nasional memang mempunyai tantangan tersendiri dalam mengembangkan sistem informasinya. Kendala yang dihadapi tentulah tidak akan sama dengan sekolah lain. SMKN 1 Tasikmalaya terdiri dari beberapa program keahlian dengan jumlah siswa yang terus bertambah setiap tahunnya. Sebenarnya inilah tantangan terbesar SMKN 1 Tasikmalaya dalam menyampaikan jaminan informasi yang tepat dan akurat.
Banyak hal dari sistem informasi di SMKN 1 Tasikmalaya yang masih membutuhkan pemecahan permasalahan. Salah satunya adalah mutasi siswa.
Mutasi siswa adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian karena di dalamnya terdapat banyak sekali data yang harus diolah seperti data-data siswa yang masuk maupun yang pindah. Sering kali data-data tersebut tercantum tidak beraturan serta dengan proses pekerjaan yang lama dan tidak tepat waktu sehingga administrasi ataupun arsip yang ada menjadi tidak tertib dan tidak teratur. Hal itu menyebabkan banyak sekali kendala serta permasalahan yang harus dihadapi dalam penyampaian informasi seperti sulitnya pencarian data yang diinginkan.
Semua hal tersebut tentunya membutuhkan suatu program yang bisa membuat pekerjaan tersebut lebih efektif, efisien, cepat dan mudah sehingga dapat memberikan informasi dengan tepat dan akurat.
Berdasarkan penjelasan di atas maka penulis tertarik untuk mencoba meretaskan permasalahan yang ada khususnya di bidang kesiswaan yang sampai pada saat ini belum ada solusi yang tepat untuk menangani masalah mutasi siswa tersebut. Hal ini yang mendorong penulis untuk mencoba membuat sebuah sistem informasi mutasi siswa di SMKN 1 Tasikmalaya dengan menggunakan sistem database.

%d blogger menyukai ini: