Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DAN PEMBUATAN REKENING GOLONGAN TARIF R1 PADA

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DAN PEMBUATAN REKENING GOLONGAN TARIF R1 PADA

Januari 4, 2010

Dalam pelaksanaan pembuatan rekening listrik diperlukan data stand meter dari setiap pelanggan pada setiap bulannya. Untuk melaksanakan hal itu telah dibuat sebuah sistem pengolahan dan pembuatan rekening. Sistem yang berjalan di PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Selatan masih banyak melakukan proses penginputan data stand meter, sehingga dalam pembuatan laporan menjadi terhambat. Selain itu dalam mengolah data stand meter memerlukan waktu yang cukup lama dikarenakan tidak terintegrasinya data. Penelitian ini hanya untuk menghitung rekening listrik pelanggan yang membayar tagihan listrik secara tepat waktu setiap bulannya. Tujuan yang diharapkan adalah membuat aplikasi pengolahan dan pembuatan rekening dengan tidak banyak membuat dokumen dan dapat memudahkan petugas dalam mengolah data stand meter.
Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan metode pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode prototype. Sedangkan aplikais pendukung menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan database SQL Server 7.0.
Aplikasi ini dapat mempermudah dalam pekerjaan dengan tidak banyak melakukan proses penginputan data stand meter sehingga dalam pembuatan laporan menjadi lebih cepat dan dalam memasukkan data dapat dilakukan oleh banyak pegawai yang telah tercantum nama dan password dalam aplikasi, sehingga dalam pengolahan data stand meter dapat berjalan lebih cepat dikarenakan sudah terintegrasinya data.

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangat pesat, sehingga manusia dalam mengerjakan setiap pekerjaan selalu membutuhkan komputer. Komputer memiliki peranan yang sangat vital dalam pemecahan masalah khusus dalam pengolahan data, karena komputer memiliki kecepatan tingkat akurasi yang tinggi dalam pemrosesan data, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia.
Komputer dapat digunakan jika sumber daya energi yang mendukung memadai. Listrik merupakan sumber daya yang sangat diperlukan untuk mempergunakan komputer. Setiap hari listrik sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi segala kebutuhan.
PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan yang menyediakan pasokan tenaga listrik milik pemerintah. Untuk memudahkan dalam pengolahan data, PT. PLN (Persero) telah merancang suatu sistem untuk pengolahan dan pembuatan rekening yang berbasis komputer dalam upaya pengefektifan kinerja pada sistem tersebut.
Sistem tersebut memerlukan perangkat lunak sebagai alat untuk melakukan pemrosesan. Masalah yang muncul di PT. PLN (Persero) yaitu masih banyak melakukan proses penginputan data stand meter pada bagian fungsi pembacaan meter dan fungsi pembuatan rekening, sehingga dalam pembuatan laporan menjadi terhambat. Selain itu dalam mengolah data memerlukan waktu yang cukup lama dikarenakan tidak terintegrasinya data. Sistem aplikasi pengolahan dan pembuatan rekening dibuat untuk memberi kemudahan kepada petugas dalam mengolah data stand meter. Selain itu pimpinan dapat dengan mudah untuk mengontrol data dan mengambil keputusan.
Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengatasi masalah di atas, dengan judul “Sistem Informasi Pengolahan dan Pembuatan Rekening Golongan Tarif R1 Pada PT. PLN (Persero) UPJ Bandung Selatan”.

%d blogger menyukai ini: