Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > SISTEM KENDALI OTOMATIS GERBANG PARKIR PLAZA ANDALAS

SISTEM KENDALI OTOMATIS GERBANG PARKIR PLAZA ANDALAS

Januari 4, 2010

Dalam penelitian ini telah berhasil diwujudkan suatu alat yang berbasiskan komputer, dimana alat ini ditujukan untuk mempermudah proses pengendalian gerbang parkir dan pembayaran retribusi parkir di kawasan Plaza Andalas Padang. Kartu yang dimasukan akan dideteksi oleh sensor, jika sensor membaca kartu yang masuk terdapat didalam database, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke komputer melalui sebuah interface yaitu port paralel yang akan diolah komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman borland delphi. Hasil proses dari komputer akan dikirim ke database dan interface untuk menggerakkan motor stepper bergerak naik (membuka) portal. Sedangkan, sensor mobil akan mengirimkan sinyal ke komputer yang hasilnya akan dikirim ke interface untuk menggerakkan motor stepper bergerak turun (menutup) portal.

Perkembangan teknologi khususnya dibidang komputer saat ini banyak memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan berbagai aktifitas, mulai dari hal-hal yang mudah sampai hal yang rumit sekalipun. Komputer merupakan hasil teknologi yang sangat membantu dalam meringankan pekerjaan manusia, kebutuhan akan komputer saat ini sudah mengarah sebagai alat bantu utama. Hampir disetiap kantor, industri, rumah tangga, ruang belajar bahkan kegiatan diluar lapangan (Outdoor) telah dilengkapi dengan perangkat komputer untuk berbagai keperluan.
Salah satu aktifitas luar ruangan dapat dilihat pada aktifitas yang terjadi pada post pembayaran parkir masuk ke kawasan plaza, seperti di Plaza Andalas Padang. Untuk masuk kekawasan tersebut maka kita harus membayar Retribusi terlebih dahulu yang masih menggunakan sistem manual yang mempekerjakan sedikitnya 2 orang tenaga kerja. Seringkali kita merasa bosan menghadapi masalah antrian dan pengembalian pembayaran yang menimbulkan kebosanan karena menggunakan sistem manual tersebut. Keamanan Plaza juga tidak terjamin karena tidak diketahuinya berapa dan siapa yang masuk kedalam kawasan Plaza.
Oleh karena itu pemakai jasa parkir plaza membutuhkan suatu sistem pembayaran masuk ke kawasan tersebut secara otomatis dan terkontrol melalui sebuah sistem yang praktis dan keamanannya terjamin serta prosesnya dilakukan oleh sebuah mesin atau PC (Personal Komputer). Dengan bantuan komputer sesuatu yang tadinya tidak bisa dikerjakan atau sulit dikerjakan dapat ditanggulangi dengan baik
Bertitik tolak dari permasalahan diatas maka penulis mencoba merancang suatu sistem yang disusun dalam suatu karya ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul “SISTEM KENDALI OTOMATIS GERBANG PARKIR PLAZA ANDALAS PADANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PRABAYAR DAN DIDUKUNG BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND DELPHI”
Sistem ini dirancang untuk dapat mempermudah proses pengendalian gerbang dan pembayaran retribusi parkir di kawasan Plaza Andalas Padang. Karena proses tersebut dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan media kartu prabayar (kartu berlobang). Sistem ini akan dibangun dengan menggunakan infra red, motor stepper dan kartu berlobang yang terhubung dengan komputer untuk kendali gerbang dan pembayaran retribusi masuk ke kawasan parkir Plaza Andalas Padang.

Iklan
%d blogger menyukai ini: