Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > SISTEM PENGAMAN RUMAH BERBASIS GENERAL PACKET RADIO SERVICE (GPRS) DAN IMAGE CAPTURING DGN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VB.06

SISTEM PENGAMAN RUMAH BERBASIS GENERAL PACKET RADIO SERVICE (GPRS) DAN IMAGE CAPTURING DGN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VB.06

Januari 4, 2010

Alat ini dibuat untuk memudahkan kita untuk mengontrol keamanan rumah apabila ditinggal dalam keadaan kosong media yang digunakan adalah Handphone, dengan memanfaatkan fasilitas MMS dan GPRS.
Alat ini terdiri dari satu kamera webcam, empat sensor yaitu satu sensor Suhu sebagai pengontrol suhu temperatur di dalam rumah, satu sensor PIR (Passive Infra Red) sebagai pendeteksi gerak gerik manusia yang ada di sekitarnya, tiga sensor Infra red untuk pintu depan, pintu belakang dan jendela, dan satu sensor Ultrasonik, jadi sensor PIR dan kamera webcam ditempatkan didepan rumah, apabila ada gerakan, maka sensor PIR akan mendeteksi gerakan tersebut dan selanjutnya mikro akan mengirim SMS dua kali melalui HP stasioner SMS yang pertama untuk pemberitahuan ke HP tujuan yang berupa teks “intruders” dan SMS yang kedua dikirim ke kamera digital berupa teks juga, yang mana pengiriman SMS ini sebagai pemberitahuan ke kamera untuk mengambil gambar situasi keadaan setelah kamera mengambil gambar, kemudian gambar tersebut akan dikirim ke HP tujuan melalui media MMS.
Kamera digital ini mempunyai sim-card di dalamnya sebagai sarana untuk mengirim SMS dan MMS. Kemudian untuk sensor switch ditaruh di dekat pintu dan jendela, jadi apabila pintu dan jendela kebuka maka mikro akan mengirim SMS ke HP tujuan yang berupa teks pemberitahuan yaitu “intruders”.
Mikrokontroler AT89S8252 sebagai basis pengontrolnya. Kemudian alat ini juga dapat mengambil gambar situasi setiap saat dengan meggunakan fasilitas SMS, yaitu dengan cara kita mengirim SMS ke kamera digital yang berupa teks yaitu (1)(spasi)(no hp tujuan).
Alat Pengendali keamanan berbasis Mikrokontroler ini akan bekerja sesuai dengan program yang ada. Kemudian Mikrokontroler akan mengirimkan SMS untuk memberikan status situasi. Dalam tugas akhir ini yang dibahas yaitu sistem keamanan rumah dengan fasilitas SMS dan MMS serta pengukuran alat dan pengujian alat.
Alat yang dirancang ini memiliki tiga sensor, satu buah mikrokontroler, dan satu buah kamera digital.

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini berkembang sangat pesat, salah satunya adalah handphone. Dengan alat ini kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan mudah dan alat ini dapat dibawa kemana saja, karena bentuk dan ukurannya yang kecil. Selain itu, handphone juga memiliki beragam fasilitas, seperti, Short Message Service (SMS), Multimedia Message Service (MMS), General Packet Radio Service (GPRS), Kamera, Ringtones, dan lain sebagainya.
Dalam dunia Information Technology (IT) segala upaya dilakukan dengan membuat berbagai macam eksperimen, guna membuat suatu sistem yang baru dan semakin mempermudah kerja sistem tersebut. Diantaranya ada suatu sistem pengendali terhadap suatu peralatan yang berkembang saat ini. Sistem pengendali peralatan yang berkembang saat ini adalah sistem untuk rumah tangga, perkantoran dan perkuliahan.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terutama dalam teknologi komputerisasi dan komunikasi, telah banyak penemuan sistem-sistem komputer yang memanfaatkan media komunikasi, yaitu memanfaatkan fasilitas handphone, yang bertujuan guna memberikan kemudahan dalam hal pekerjaan, pengembangan dari sistem pengaman rumah berbasis sms (Dhanis Firdaus 2006), (Susanto Wibisono Koselan, maret 2001, www.mikroelektronika.co.yu).
Melihat perkembangan teknologi tersebut, tentunya teknologi komputer dan media komunikasi ini dapat kita gunakan dalam pengembangan sistem pengaman rumah, diharapkan sistem pengaman rumah yang berbasis GPRS ini dapat lebih terjamin lagi keamanannya, karena dalam sistem pengaman rumah yang ada sekarang ini, masih belum dapat memberikan jaminan keamanan bagi rumah kita, walaupun di dalam rumah kita telah terpasang sistem pengaman rumah, terkadang kita sering curiga akan keamanan rumah kita bila kita tinggal dalam keadaan kosong sampai berhari-hari, karena dalam proses kerja sistem ini, kita harus selalu berada dalam lingkungan rumah.
Dengan menimbang permasalahan diatas, maka sistem komputer juga dapat kita jadikan sebagai pengontrol pengaman rumah, dengan memanfaatkan fasilitas handphone yaitu fasilitas General Packet Radio Service (GPRS) dan Image Capturing, tentunya sistem pengaman rumah akan lebih terjamin lagi keamanannya, karena kita bisa mengontrol keadaan rumah tanpa harus selalu ada di dalam rumah, kita dapat memonitor keamanan rumah melalui handphone setiap kemungkinan kondisi bahaya yang terjadi.
Untuk mengontrol sistem pengaman rumah ini di perlukan suatu perangkat lunak yang di gunakan untuk mengatur nomor handphone sebagai penerima pesan, selain itu juga berfungsi sebagai display (tampilan) suhu dalam rumah, dan dengan memanfaatkan Image Capturing kita dapat mengaplikasikan gambar tersebut kedalam komputer, saluran Port Serial (DB9) dan USB sebagai interface antara (software) dan rangkaian (hardware).

%d blogger menyukai ini: