Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > SISTEM PENGAMANAN PINTU RUANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PASSWORD JARI DAN KARTU MEMANFAATKAN PPI 8255 MODUS 0 DIDUKUNG OLEH BAHASA

SISTEM PENGAMANAN PINTU RUANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PASSWORD JARI DAN KARTU MEMANFAATKAN PPI 8255 MODUS 0 DIDUKUNG OLEH BAHASA

Januari 4, 2010

Pada prinsipnya komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu penggunaan komputer adalah sebagai sistem pengontrolan keamanan, dengan dukungan modul-modul program yang ada.
Sistem pengamanan ini menggunakan dua input yaitu kombinasi kode kartu dan kombinasi jari dalam menekan saklar. Data dari kedua input ini dikirimkan ke komputer melelui PPI 8255 sebagai interface untuk dibandingkan dengan database yang ada. Apabila datanya sesuai maka pintu akan terbuka dan data user ditampilkan di monitor serta jam aksesnya disimpan di database. Dengan adanya sistem pengamanan berbasiskan komputer ini akan memudahkan dalam melacak pelaku kejahatan yang masuk ke dalam ruangan itu

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, telah berpengaruh dan memiliki arti penting terhadap kehidupan manusia. Hal ini terlihat dengan adanya berbagai kemudahan yang ditawarkan dan disediakan. Sehubungan dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi itu, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang cakap dan siap untuk memanfaatkannya, sehingga manusia tidak ketinggalan, atau dengan kata lain dapat memanfaatkan teknologi yang sudah ada.
Salah satu perkembangan teknologi yang pesat terlihat pada bidang teknologi berbasiskan komputer. Meningkatnya teknologi berbasiskan komputer ini, juga berpengaruh terhadap kebutuhan akan pengamanan yang canggih. Apakah pada hal-hal yang menyangkut keselamatan, kekayaan, keamanan negara atau kerahasian lainnya.
Instansi-insatansi seperti laboratorium ,perkantoran dan lain-lain, biasanya memiliki ruangan yang tidak semua orang bebas masuk, karena biasanya menyimpan informasi dan dokumen-dokumen yang rahasia. Untuk menjaga keamanan itu maka dibutuhkan suatu sistem pengamanan yang baik guna mencegah terjadinya penyusupan dan pencurian data. Untuk menjamin tingkat kerahasiaan tersebut dapat digunakan kode-kode dengan berbagai variasi kombinasi, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengakses kode ini. Keseluruhan kode-kode ini dapat diwujudkan dengan menggunakan kombinasi-kombinasi lubang yang ada pada suatu kartu (card) khusus.
Pengamanan ruangan secara manual selama ini dinilai kurang efektif karena apabila terjadi penyusupan, kehilangan atau pencurian data sangat susah dalam mendeteksi pelakunya. Oleh sebab itu, merupakan hal yang menarik untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dengan merancang suatu sistem yang mampu mengatasi permasalahan tersebut dan sekaligus menjadi judul skripsi, yaitu : “SISTEM PENGAMANAN PINTU RUANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PASSWORD JARI DAN KARTU MEMANFAATKAN PPI 8255 MODUS 0 DIDUKUNG OLEH BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND DELPHI 5.0”.

Iklan
%d blogger menyukai ini: