Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > sistem penggudangan

sistem penggudangan

Januari 4, 2010

Apotek Kimia Farma merupakan salah satu apotek besar di Indonesia. Dimana semua jenis obat tersedia disini. Tetapi Informasi dalam pergudangannya masih dilakukan secara manual. Sehingga sering terjadi kesalahan dalam pelaporannya.
Aplikasi Sistem Informasi Pergudangan Apotek Kimia Farma adalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan para petugas gudang di apotek Kimia Farma dalam pengelolaan data obat. Dimana petugas gudang tidak kesusahan dalam mencari data – data obat. Dalam pembuatan aplikasi ini adapun perangkat lunakyang digunakan diantaranya menggunakan Visual Basic.Net 2005, dan dalam aplikasi ini database yang digunakan adalah SQL Server 2000.
Aplikasi Sistem Informasi ini diharapkan dapat membantu para petugas gudang dalam pengolahan data. Diantaranya dalam pengolahan data obat dan juga pengolahan data karyawan

eknologi Informasi dan Informatika yang semakin maju kini sudah dapat diterima oleh masyarakat khususnya masyarakat indonesia karena dinilai memberikan efisiensi dan efektifitas yang signifikan dan mendukung peningkatan sumber daya manusia. Kemajuan teknologi dan informasi ini menunjukkan indikasi bahwa peradaban manusia telah mengalami perubahan dan transisi kearah kemajuan peradaban. Kemajuan inilahyang membawa masyarakat secara umum untuk dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal. Penerapan kemajuan teknologi dan informatika ini dapat ditunjukkan dengan Aplikasi berbasis web.
Web merupakan media aplikasi yang memberikan kemudahan melalui fasilitas-fasilitas yang disediakan di dalamnya seperti, e-mail, forum elektronik atau yang biasa kita sebut milis, chatting via webcam dan voice serta dapat melakukan pembayaran secara online atau dapat lebih dikenal dengan sistem e-commerce. Sehingga para pengguna dengan mudah dapat mengakses sesuai dengan tujuannya. Web berisikan informasiyang bersifat global yang dijalankan melalui media internet.
Internet merupakan kemajuan teknologi informasi dalam hal jaringanan. Dalam hal ini dengan adanya kemajuan teknologi pada jaringan kita dapat mempermudah salah satu pegawai dalam melaporkan laporan data pergudangan kepada kepala perusahaan.
Proses pernyerahan laporan dari petugas gudang kepada kepala perusahaan yang secara menual akan merepotkan kedua belah pihak. Dan data yang dilaporkan kadang tidak sesuai apa yang ada, karena banyak masalah yang terjadi seperti kehilangan salah satu dokumen, kelalaian dalam mencatat setiap perubahan yang terjadi. Petugas gudang juga harus menemui kepala perusahaan ke kantor yang tidak pasti selalu ada pada saat itu.
Jadi dengan adanya masalah itu disini kami mecoba membuat sistem informasi persediaan baransg yang berbasis client server. Sehingga dalam hal ini petugas gudang tidak harus langsung menemui kepala perusahaan setiap saat untuk menyerahkan laporan persediaan barang. Disini petugas dapat langsung menyerehkan laporan tersebut dengan menggunakan jaringan, sehingga data akan langsung terkirim ke komputer kepala perusahaan, dan laporan bisa langsung dikirim setiap saat

%d blogger menyukai ini: