Beranda > Skripsi Komputer/Informatika > SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. GS BATTERY KARAWANG

SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. GS BATTERY KARAWANG

Januari 4, 2010

Persediaan bahan baku adalah persediaan bahan mentah yang akan diproses dalam proses produksi, persediaan bahan baku ini akan berpengaruh terhadap kelancaran produksi karena kalau persediaan bahan baku ini kurang atau terlambat maka proses produksi juga akan berhenti atau menunggu, maka dari itu untuk menghindari hal tersebut dalam proses perhitungan bahan baku harus pakai sistem yang komputerisasi jangan pakai yang manual, karena proses manual selain prosesnya lama banyak kemungkinan juga ada kesalahan dalam proses perhitungan.
Sistem persediaan bahan baku pada PT. GS Battery karawang Plant sudah pakai sistem yang komputerisasi, tapi ada juga yang masih manual yaitu untuk persediaan plate dan separator pada seksi Motor Cycle Battery (MCM) sub seksi Pole Strap (PS) yang mana perhitungannya masih menggunakan kalkulator, dengan proses manual seperti itu operator harus jeli dan teliti dalam proses perhitungan bahan baku tersebut.
Dengan dikomputerisasikannya sistem yang masih manual tersebut maka akan lebih mudah dalam perhitungan bahan baku tersebut, dengan kata lain operator persediaan bahan baku (Supplier) akan terbantu dan kemungkinan kesalahan perhitungan bahan baku juga akan berkurang.

Semakin berkembangnya suatu industri perusahaan yang kemudian diikuti dengan perkembangan teknologi informasi sehingga keduanya dapat berjalan dengan sinergi yang seiring dengan perkembangan jaman dan tuntunan agar dapat menghasilkan produk yang lebih baik dari perusahaan tersebut. Demikian pula tuntutan dari para pelanggan yang mengkonsumsi produk yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut menjadi target yang harus dipenuhi agar semua pemakai produk tersebut dapat memanfaatkan dan menfungsikan lebih baik, lebih akurat serta lebih cepat mendapatkan produk tersebut. Dengan tuntutan tersebut sudah jelas bahwa perusahaan harus melakukan suatu perubahan demi kemajuan dan target yang diinginkan. Oleh sebab itu baik prosedur maupun sistem yang berjalan pada saat itu harus mengalami perbaikan demi menunjangnya tuntutan-tuntutan tersebut agar dapat berjalan lebih baik.
Dalam hal ini ada beberapa faktor yang berpengaruh untuk kelancaran Produksi diantaranya yaitu persediaan bahan baku, sistem informasi persediaan bahan baku yang masih manual bisa menghambat target produksi, karena tidak menutup kemungkinan suatu saat ada kesalahan dalam perhitungan bahan baku yang mengakibatkan kurangnya persediaan bahan baku dan Produksi akan berhenti.
Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, diperlukan suatu sistem yang bisa bekerja dengan cepat dan akurat. Maka dari itu penulis mengangkat permasalahan ini dan mencoba untuk menjawab dengan merancang suatu sistem yang kemudian dijadikan sebagai judul Kerja Praktek yaitu “ SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT.GS BATTERY KARAWANG PLANT DI SEKSI MOTOR CYCLE BATTERY (MCB) SUB SEKSI POLE STRAP (PS) “

Iklan
%d blogger menyukai ini: