Beranda > Tak Berkategori > ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN FORMULIR RENCANA STUDI SECARA ONLINE

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN FORMULIR RENCANA STUDI SECARA ONLINE

Januari 8, 2010

Dalam dunia pendidikan, proses pengisian Formulir Rencana Studi adalah kegiatan
rutin yang selalu dilakukan di awal tahun. Sejak awal, pengisian Formulir Rencana Studi tersebut menggunakan sistem manual, dimana mahasiswa harus mengambil formulir tersebut pada bagian pendidikan, kemudian mengisikan formulir tersebut secara manual, meminta persetujuan dosen pembimbing akademik, lalu kemudian melakukan pengesahan di loket pengesahan. Oleh para mahasiswa, proses ini dirasakan sangat mengganggu, karena menghabiskan waktu yang cukup banyak, dan selain itu mahasiswa menjadi sangat lelah, karena harus mengantri di loket-loket pengesahan. Dengan mulai berkembangnya dunia teknologi, khususnya teknologi berbasiskan web, proses pengisian Formulir Rencana Studi dapat dipermudah. Dengan menggunakan teknologi server side scripting (program yang semua prosesnya dilakukan di server), dapat dibuat sebuah aplikasi online untuk membantu mempermudah mahasiswa dalam proses pengisian Formulir Rencana Studi, dimana dengan sistem ini, proses pengisian Formulir Rencana Studi dapat dibuat menjadi lebih baik. Tugas akhir ini membahas mengenai proses analisa dan perancangan dalam membuat sebuah program online berbasiskan web, untuk membantu dalam proses pengisian Formulir Rencana Studi.

Perkembangan Teknologi Informasi di seluruh dunia telah membuat hidup manusia menjadi semakin mudah. Terutama sejak diciptakannya jaringan internet, komunikasi menjadi semakin tidak terbatas dan tanpa hambatan, baik hambatan geografis maupun hambatan waktu. Kita dapat segera berkomunikasi dengan keluarga/saudara/teman yang berada di belahan dunia lain secara langsung melalui jaringan internet. Kemudahan-kemudahan yang dihasilkan oleh jaringan internet ini telah pula membuat proses perkuliahan dapat dipermudah, terutama dalam proses pengisian Formulir Rencana Studi (FRS). Karena dengan adanya jaringan internet telah dimungkinkan dibuatnya pengisian Formulir Rencana Studi secara online. Untuk pembuatan aplikasi secara online, sekarang ini telah tersedia berbagai bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi secara online, diantaranya yaitu ASP (Active Server Pages), PHP (PHP: Hypertext Preprocessor), Coldfusion dan Perl. Dalam kesempatan kali ini yang akan penulis gunakan adalah bahasa pemrograman PHP.

Dalam pelaksanaan selama ini, pengisian Formulir Rencana Studi masih menggunakan sistem manual, yaitu mahasiswa mengisi formulir yang diambil dari petugas, kemudian antri di loket penyerahan formulir apabila formulir tersebut telah disetujui oleh Penasihat Akademik. Apabila semua kelas yang diambil masih kosong, maka mahasiswa tersebut akan mendapat tanda pengesahan, namun apabila ternyata kelas yang ingin diambil sudah penuh, maka mahasiswa tersebut harus menyusun ulang jadwalnya kemudian kembali mengantri di loket penyerahan formulir untuk meminta tanda pengesahan, apabila kelas yang dipilih ternyata sudah penuh lagi, maka mahasiswa tersebut harus mengatur ulang jadwalnya kemudian mengantri lagi di loket penyerahan, begitu seterusnya. Hal ini sangatlah membuang-buang waktu, karena setiap ada kelas yang penuh mahasiswa harus mengantri ulang dari awal, antrian ini merupakan antrian yang panjang, terutama bagi mahasiswa jurusan Sistem Informasi, karena mahasiswa jurusan tersebut sangatlah banyak. Hal tersebut juga membuat petugas penerima besar kemungkinan untuk menjadi kurang teliti karena banyaknya mahasiswa yang harus dilayani, hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan mermasukkan data ketika proses memasukkan data ke database. Apabila menggunakan sistem online, mahasiswa dapat memilih sendiri matakuliah yang diinginkannya secara langsung melalui komputer-komputer yang tersedia di laboratorium, warnet bahkan dari rumah masing-masing. Dengan pengisian langsung, apabila ada kelas yang telah penuh, maka sistem akan secara otomatis menolak, dan mahasiswa tersebut dapat langsung merubah jadwalnya pada saat itu juga, tanpa perlu mengantri ulang. Sistem juga akan otomatis menolak apabila mahasiswa tersebut memilih mata kuliah yang mata kuliah prasyaratnya belum lulus. Dengan sistem online ini, berarti akan berkurangnya kesalahan dalam proses memasukkan data, karena mahasiswa memasukkan datanya masing-masing.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: