Beranda > Tak Berkategori > ANALISIS DAN DESAIN JARINGAN KOMPUTER PADA DINAS TENAGA KERJA PEMERINTAH

ANALISIS DAN DESAIN JARINGAN KOMPUTER PADA DINAS TENAGA KERJA PEMERINTAH

Januari 8, 2010

Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar yang menangani masalah Ketenagakerjaan mengalami permasalahan pendistribusian data antar Dinas-dinas, baik dalam lingkup Dinas Tenaga Kerja itu sendiri maupun instansi-instansi Pemerintah yang terhubung dengan Dinas Tenag Kerja Kota Makassar.
Metodologi penelitian yang digunakan yaitu Metode Top Down, dimana metode ini merupakan desain jaringan yang berkaitan dengan kebutuhan organisasi sebagai lanjutan dari proses penganalisaan data yang akan dilakukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sangat diperlukan mendesain jaringan LAN (Local Area Network) di setiap sub bagian yang akan terhubung ke jaringan, penggunaan tabel perkiraan load, kebutuhan aplikasi, kebutuhan teknis, skala prioritas, identifikasi data store, dan dokumen flow. yang digunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum mendesain jaringan, dalam mendesain jaringan, penentuan topologi star dengan alasan topologi ini sangat cocok diterapkan pada instansi pemerintah yang membutuhkan tingkat kesalahan sangat kecil, pemilihan sistem yang dapat mendukung proses manajemen jaringan dan keamanan jaringan, mendesain lalu lintas jaringan untuk mengetahui besar bandwidth (jumlah data) yang dapat dikirimkan dan diterima oleh instansi-instansi terkait, mendesain jaringan WAN (World Area Network) dengan tujuan mendesain letak lokasi instansi-instansi yang terhubung ke Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar.

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi saat ini cukup pesat. Ini merupakan babak baru dalam zaman modern, dimana manusia sangat bergantung dengan informasi, ketergantungan manusia terhadap informasi sangat besar, maka kualitas informasi harus selalu ditingkatkan. Hal tersebut ditandai dengan munculnya teknologi mutakhir yang berhubungan dengan percepatan kegiatan dalam memperoleh suatu informasi.
Jaringan komputer paling populer saat ini adalah LAN (Local Area Network). LAN merupakan sekelompok komputer yang saling berhubungan dalam area tertentu. Dengan LAN diantara komputer yang terhubung ke jaringan tersebut bisa saling berkomunikasi, berbagi pakai data, berbagi pakai pheriperal dan sebagainya. Penggunaan jaringan komputer LAN (Local Area Network) untuk komputerisasi merupakan salah satu upaya meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Namun karena penggunaan LAN (Local Area Network) hanya terbatas pada komunikasi komputer pada ruang lingkup tertentu saja. Maka dibutuhkan system jaringan berskala yang lebih luas lagi. Untuk itu dibutuhkanlah WAN(Wide Area Network) dimana setiap komputer dapat saling berinteraksi dalam skala yang lebih luas lagi atau mengglobal.
Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kota Makassar yang menjadi objek penelitian merupakan salah satu contoh instansi Pemerintah yang masih sangat minim dalam penggunaan teknologi jaringan komputer dalam kaitannya dalam membantu percepatan proses pekerjaan, terlebih pada penanganan dalam pengolahan dan pendistribusian data, setiap komputer pada sub bagian masih menggunakan komputer stand alone dan kurangnya pengetahuan komputer yang diterima sehingga pegawai kesulitan mengoperasikan komputer dan lebih menggunakan cara manual dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, hanya pegawai tertentu saja yang dapat mengoperasikan komputer. Sehingga banyak pekerjaan yang harus ditangani pada setiap sub bagian dimana kebutuhan akan data dari instansi-instansi Pemerintah yang terhubung dengan Dinas Tenaga Kerja yang ada di Sulawesi Selatan masih memakai cara manual (melalui Kantor Pos) sehinggga proses pengolahan dan pendistribusian data lamban. Laporan yang seharusnya dapat diterima hari ini harus menunggu beberapa hari untuk bisa diterima pada Dinas Tenaga Kerja, hal ini sangatlah tidak efisien dan efektif dari segi tenaga, biaya, dan waktu. Salah satu upaya untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan merancang suatu sistem LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas maka dianggap perlu merancang sebuah jaringan sesuai dengan kebutuhan Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kota Makassar, maka penulis mengangkat judul “Analisis Dan Desain Jaringan Komputer Pada Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kota Makassar”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: