Beranda > Tak Berkategori > ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI OBAT-OBATAN PADA APOTIK FATIN MAKASSAR

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI OBAT-OBATAN PADA APOTIK FATIN MAKASSAR

Januari 8, 2010

Di era globalisasi sekarang ini masyarakat semakin menuntut tersedianya kemudahan-kemudahan di segala bidang yang mampu menunjang berbagai bidang usaha. Untuk mendukung kemajuan itu semua, sangat diperlukan suatu pertukaran informasi atau komunikasi yang lebih cepat, kapan saja dan di manapun mereka berada. Untuk itu manusia akan mengupayakan seoptimal mungkin kemampuan yang ada padanya untuk berkomunikasi. Akan tetapi usaha tersebut terbentur pada keterbatasan manusia, baik dari segi fisik maupun mental. Apotek Fatin adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan obat baik obat paten maupun obat generik. Dengan terus berkembangnya perusahaan ini, mendorong pihak perusahaan untuk melakukan perbaikan di segala aspek dan salah satu wujud perbaikan tersebut adalah dengan menggunakan sistem komputerisasi di beberapa bagian persediaan obat, penjualan obat, dan pelaporannya masih dilakukan secara manual. Sehingga sering ditemukan kekurangan-kekurangannya seperti mengelola data persediaan dan data penjualan obat yang masih memakai waktu yang lama, untuk itu sistem komputerisasi sangat dibutuhkan.

Dengan permasalahan tersebut maka akan dirancang sistem informasi obat-obatan menggunakan database Access dan bahasa pemrograma Visual Basic, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan dengan melakukan wawancara langsung kepada pihak yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan, sebab pengolahan data dengan sistem komputerisasi akan memberikan data yang cepat dan akurat serta dapat meningkatkan akurasi dan kecepatan dalam pengolahan data dan membantu dalam pengambilan keputusan pemimpin.

Berdasarkan hasil analisa dan desain sistem informasi dengan perancangan sebuah aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic sebagai usulan untuk menggantikan sistem yang lama sehingga dapat mengatasi kelemahan-kelemahan yang ditemukan sebelumnya. Dengan menggunakan sistem yang terkomputerisasi ini diperlukan karyawan yang mengerti dasar-dasar komputer dalam mengoperasikan komputer.

Di era globalisasi sekarang ini masyarakat semakin menuntut tersedianya kemudahan-kemudahan di segala bidang yang mampu menunjang berbagai bidang usaha. Untuk mendukung kemajuan itu semua, sangat di perlukan suatu pertukaran informasi atau komunikasi yang lebih cepat, kapan saja dan di manapun mereka berada.
Untuk itu manusia akan mengupayakan seoptimal mungkin kemampuan yang ada padanya untuk berkomunikasi. Akan tetapi usaha tersebut terbentur pada keterbatasan manusia, baik dari segi fisik maupun mental. Kendala waktu dan ruang adalah persoalan klasik bagi setiap kehidupan di atas muka bumi ini, terlebih manusia dalam berkomunikasi. Sejalan dengan maraknya kehidupan pada tingkat segala zaman, maka upaya untuk mengatasi kendala tersebut harus di picu.
Apotek Fatin adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan obat baik obat paten maupun obat generik

Dengan terus berkembangnya perusahaan ini, mendorong pihak perusahaan untuk melakukan perbaikan di segala aspek dan salah satu wujud perbaikan tersebut adalah dengan menggunakan sistem kompurerisasi di beberapa bagian persediaan obat, penjualan obat dan pelaporannya masih dilakukan secara manual.
Sehingga sering di temukan kekurangan-kekurangan seperti dalam mengelola data persediaan dan data penjualan obat yang masih memakai waktu yang lama. Sistem manual yang di maksud adalah seluruh pengolahan datanya masih di lakukan dengan pencatatan pada buku, apabila terjadi transaksi penjualan maka akan dicatat pada sebuah buku, begitupun apabila persediaan obat habis, maka bagian persediaan akan melakukan pemesanan obat pada pemasok, setelah obat di pasok maka akan dicatat pada buku oleh bagian persediaan sehingga dampaknya dirasakan kurang maksimal.
Untuk itu sistem komputerisasi sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan, sebab pengolahan data dengan sistem komputerisasi akan memberikan data yang cepat dan akurat.
Adapun keuntungan menggunakan sistem baru (komputerisasi) dilihat dari segi :
a. Kecepatan : Komputer bekerja dengan kecepatan elektronis yang sangat tinggi yang jauh melampaui kemampuan manusia
b. Ketepatan : Komputer mampu menghitung dengan sangat teliti bahkan untuk bilangan-bilangan pecahan yang sangat banyak. Computer akan membantu pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi demi suatu hasil yang benar-benar prima .
c. Tidak mudah lelah : Komputer mampu bekerja secara terus-menerus dengan pekerjaan yang sama, tanpa bosan. Tak pernah terjadi perubahan tingkat kecepatan, meski harus bekerja sepanjang waktu, manusia memiliki perasaan antara lain bosan jika terus menerus mengerjakan pekerjaan yang sama. Juga akan mengalami kelelahan, jika lama pengerjaannya .
d. Dapat menyimpan data dalam jumlah besar : Manusia sebenarnya juga memiliki kemampuan menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar, namun sifat manusianya sering lebih berperan. Bias lupa dan lain sebagainya. Komputer tidak demikian, data-data yang disimpan di computer meski dibatasi oleh kapasitas media penyimpanannya, data tersebut tak akan hilang jika tak dihapus .
e. Datanya mudah diakses : Data yang disimpan di computer diatur dengan manajemen penyimpanan data, sedemikian rupa, sehingga memudahkan dalam pengaksesannya dan secara cepat pula

Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis perlu melakukan penelitian, Sehingga sistem yang nantinya di rancang diharapkan dapat memberikan laporan yang baik mengenai kegiatan persediaan dan penjualan obat pada apotek. Dengan demikian penulis mengangkat judul Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Obat-Obatan pada Apotek.

Hal ini dipandang sangat berguna untuk ikut membantu kelancaran proses pengumpulan data serta dalam pengambilan keputusan.

Adapun ayat Alqur’an yang berkaitan dengan judul skripsi yang penulis angkat terdapat di Q.S.Yunus ayat 57 dan Q.S.An Nahl ayat 69 yang berbunyi :

Q.S.Yunus ayat 57 :
57. Hai manusia, Sesungguhnya Telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Q.S.An Nahl ayat 69 :
69. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang Telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: