Beranda > Tak Berkategori > APLIKASI ADMIN MAJORDOMO

APLIKASI ADMIN MAJORDOMO

Januari 8, 2010

Mailing List atau lebih akrab disebut milis, adalah sebuah komunitas untuk bertemu, berinteraksi dan berbagi ide secara online, dimana setiap milis memiliki alamat email yang “unik” dan khusus, terdiri dari sejumlah anggota yang terdaftar alamat email anggotanya, dan kemudian isi pesan email tersebut akan diterima oleh semua anggotaanggota milis yang tergabung dalam kelompok listnya. Salah satu software mailing list adalah Majordomo, yang merupakan mailing list server. Tetapi penggunaan perintah manual dari Majordomo, sering membuat orang bingung dan tidak mengerti tentang perintah-perintah dari Majordomo itu, sehingga anggota list yang baru bergabung sangat bingung dan tidak mengerti mengenai penggunaan aplikasi dari Majordomo itu. Untuk itulah dibuat suatu program, yaitu Majordomo admin web interface yang bisa menjalankan Majordomo dalam lingkungan web interface yang menarik. Sehingga anggota list tidak perlu lagi menggunakan perintah-perintah manual majordomo, juga didukung tampilan web design yang menarik, disertai aplikasi admin list, yang khusus digunakan oleh seorang admin untuk mengkonfigurasi setiap setting list-listnya. Majordomo admin web interface ini sangat membantu user sebagai anggota list, dan seorang admin listnya.

Teknologi Internet bukan lagi kata asing bagi orang yang berkecimpung di dunia komputer. Bahkan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern saat ini. Setiap harinya orang dari berbagai tempat di belahan dunia ini mengakses berjuta-juta situs Internet untuk mencari dan mendapatkan informasi yang penting. Salah satu Teknologi Internet yang juga banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia adalah mailing list1 atau lebih akrab disebut milis. Milis adalah sebuah komunitas untuk bertemu, berinteraksi dan berbagi ide secara online. Setiap milis memiliki alamat email yang berbeda dengan yang lain dan khusus. Email terdiri dari sejumlah anggota yang terdaftar alamat email-nya, dan masing-masing bisa menerima dan mengirim email yang akan diterima oleh semua anggota anggota milis.
Untuk menggunakan aplikasi mailing list, harus mempunyai software mailing list, salah satunya adalah Majordomo2. Majordomo adalah sebuah program manajemen milis yang fungsinya digunakan untuk mengatur dan mengelola milis secara otomatis. Majordomo adalah sebuah proyek program yang dikembangkan oleh Brent Chapman (brent@greatcircle.com) yang ditulis menggunakan bahasa program Perl. Untuk menggunakan Majordomo harus mengerti perintah-perintah khusus Majordomo. Perintah-perintah Majordomo3 ini, digunakan oleh seorang user untuk menjalankan program mailing list dengan sesama user list. Contohnya adalah perintah subscribe yang artinya ingin bergabung dan unsubscribe artinya berhenti bergabung terhadap komunitas sebuah milis. Permasalahan pun timbul, karena untuk dapat bisa menggunakan program mailing list Majordomo ini, seorang user wajib menggunakan perintah-perintah Majordomo secara manual. Hal tersebut sangat tidak efisien dan juga membingungkan seorang user jika ingin menjalankan dan mengaplikasikan program mailing list tersebut.
1.http://www.admin.interchange.ubc.ca/interchg-v2/maillist/main.html; 28 febuari 2004
2 Majordomo, dilihat di web site http://www.greatcircle.com/majordomo;15 april 2004
3 Majordomo command, dilihat di web site http://www.isd.salford.ac.uk/library;15 april 2004
Fenomena tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah ide untuk membuat sebuah program yang dapat membantu para user atau pemakai program mailing list Majordomo dalam bentuk web interface yang dinamis, lengkap dengan aplikasi adminnya. Sehingga user tidak perlu menggunakan lagi perintah-perintah Majordomo. Jadi seorang user dapat dengan mudah untuk bergabung atau berhenti bergabung atas keanggotaanya, terhadap list atau mailing list yang dipilihnya.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: