Beranda > Tak Berkategori > Ensiklopedia Mata Berbasis Multimedia

Ensiklopedia Mata Berbasis Multimedia

Januari 8, 2010

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menuntut modernisasi di segala bidang. Tak terkecuali kemajuan di bidang kesehatan atau kedokteran. Informatika yang berjalan seiring kemajuan teknologi ternyata mampu diintegrasikan dengan bidang lain. Informatika Kedokteran merupakan salah satu cabang ilmu baru yang akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat pada masa sekarang dan yang akan datang.

Ensiklopedia digital merupakan alat bantu ajar yang menggunakan multimedia dalam visualisasinya. Mata merupakan salah satu dari panca indera yang amat vital bagi kehidupan manusia. Kehadiran Ensiklopedi Mata ini sangat membantu baik insan kesehatan, pengajar maupun orang awam untuk lebih mudah mempelajari mata manusia. Materi yang ditawarkan berupa sistem pencarian yang mencakup anatomi mata, penyakit mata serta istilah-istilah yang berkaitan dengan mata manusia.

Ensiklopedia ini dibangun dengan menggunakan bahasa program Visual Basic dengan database Ms.Access yang diintegrasikan dengan Macromedia Flash. Integrasi tersebut menggunakan fasilitas resource yang disediakan oleh Visual Basic. Sistem ini ditikberatkan pada proses pencarian istilah yang kemudian divisualisasikan dengan multimedia.

Kemajuan teknologi yang berjalan begitu cepat menuntut kemajuan di segala bidang. Masyarakat sebagai subyek sekaligus obyek dari teknologi harus bisa mengikuti segala bentuk kemajuan tersebut. Berbagai bidang tak lepas dari sentuhan teknologi termasuk juga bidang kesehatan yang merupakan aspek penting dalam masyarakat.
Kesehatan termasuk faktor utama dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu teknologi yang berkaitan dengan kesehatan juga berkembang dengan pesat demi mencapai kehidupan masyarakat yang lebih baik. Rumah sakit banyak berdiri dengan menawarkan berbagai kecanggihan dan kemajuan teknologi demi memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat.
Alat bantu teknologi yang berkaitan dengan kesehatan sangat dibutuhkan dalam proses pelayanan kesehatan yang lebih baik dan mudah. Misalnya saja alat pembelajaran untuk sub-sub bidang kesehatan. Tak bisa dipungkiri bahwa setiap masyarakat dituntut mengerti setidaknya gambaran umum mengenai bidang-bidang kesehatan. Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan insan kesehatan seperti dokter atau perawat dalam setiap mendapatkan masalah mengenai kesehatan.
Salah satu alat bantu pembelajaran yang sangat dibutuhkan saat ini yaitu ensiklopedia atau pengetahuan tentang berbagai macam bidang kesehatan maupun tentang organ-organ tubuh manusia. Mata merupakan salah satu dari panca indera yang paling berperan dalam segala aktivitas kehidupan manusia. Untuk itu pengetahuan tentang organ-organ mata serta penyakit dan masalah seputar mata dapat disimpan dalam sebuah ensiklopedia. Kenyataan ini mendorong dibutuhkanya ensiklopedia mata digital.
Ensiklopedia mata yang dibuat disertai dengan animasi dan penjelasan untuk mempermudah pemahaman tentang seluk beluk organ mata. Kemudahan penggunaan dan kejelasan menjadi faktor utama karena mengingat pengguna alat bantu ajar atau ensiklopedia ini tidak hanya dari kalangan ahli kesehatan melainkan masyarakat umum. Animasi ditujukan untuk memperjelas visualisasi keterangan mengenai bagian maupun istilah yang dicari melalui ensiklopedia ini. Secara umum, manusia lebih mudah paham dan mengerti melalui visualisasi baik gambar maupun animasi daripada hanya sekedar melalui tulisan.
Ensiklopedia mata berbasis multimedia ini juga dapat digunakan oleh insan kesehatan seperti dokter mata untuk menjelaskan kepada pasienya tentang masalah atau penyakit yang dideritanya. Ensiklopedia ini diharapkan sangat membantu kinerja dokter mata dan memepermudah pemahaman masyarakat umum atau pasien karena tidak mungkin seseorang melihat matanya sendiri beserta organ-organ dan penyakit mata yang dideritanya tanpa menggunakan alat bantu.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: