Beranda > Tak Berkategori > IMPLEMENTASI PROTOKOL TCP/IP DALAM PROGRAM SOCKET UNTUK MENGAKSES BASISDATA

IMPLEMENTASI PROTOKOL TCP/IP DALAM PROGRAM SOCKET UNTUK MENGAKSES BASISDATA

Januari 8, 2010

Komunikasi data pada jaringan komputer membutuhkan protokol-protokol untuk memungkinkan bertukar informasi dengan cara yang teratur, dan bebas kesalahan. Protokol-protokol dipatuhi untuk membentuk dan mengakhiri komunikasi dalam jaringan. Protokol TCP/IP merupakan protokol yang handal dan banyak digunakan pada jaringan karena protokol TCP/IP merupakan sebuah protokol standar bagi sistem operasi-sistem operasi yang ada pada saat ini. Pemrograman Socket merupakan Input/Output pada protokol TCP/IP. Dalam sistem ini akan meng-implementasi-kan protokol TCP/IP pada pemrograman socket untuk mengakses baisdata, sebab peningkatan penggunaan basisdata sangat dituntut untuk diterapkan pada sistem jaringan. Pengolahan basis data pada jaringan membutuhkan sutau protokol yang akurat dan handal. Sistem ini akan melihat cara kerja protokol-protokol TCP/IP dalam mengakses basisdata antara lain : penambahan record, edit record, delete record serta penggunaan fasilitas SQL (Select) dalam jaringan.
Database yang digunakan dalam pengaksesan adalah database yang dirancang pada Microsoft Access (*.MDB), hal ini dilakukan karena software yang digunakan pada sistem adalah Visual Basic 6.0, sehingga dengan mudah dapat dihubungkan langsung dengan Microsoft Access. Database yang dirancang juga tanpa object atau grafik.

Perkembangan ilmu dan teknologi komputer saat ini sangatlah pesat. Perkembangan di bidang perangkat keras selalu selangkah lebih maju dibandingkan dengan perkembangan di bidang perangkat lunak. Tetapi di sisi lain, perangkat lunak selalu terpacu untuk meningkatkan teknologinya guna memenuhi permintaan pengguna yang semakin kompleks. Perkembangan teknologi komputer akhirnya telah mencapai ke suatu teknologi jaringan. Dengan teknologi jaringan ini, beberapa pengguna dapat menggunakan suatu informasi secara bersamaan. Sisi lain dari keunggulan sistem jaringan dipandang dari segi jarak. Selama komputer kita terhubung dengan pusat jaringan, kita dapat mengakses semua data yang ada di pusat dari tempat di mana kita berada.
Dengan adanya fenomena ini, maka perkembangan perangkat lunak juga mengalami pergeseran. Dari produk-produk yang berorientasi Personal Computer menjadi produk-produk yang berorientasi jaringan. Contohnya Microsoft yang mulai mengembangkan MS Windows-nya menjadi Windows NT. Peningkatan penggunaan basis data juga dituntut agar dapat diterapkan pada sistem jaringan. Untuk mendapatkan jawaban dari kebutuhan ini maka dapat digunakan protokol TCP/IP. Perlu diketahui bahwa dengan memanfaatkan protokol TCP/IP, informasi yang diberikan dapat lebih akurat dan lebih cepat. Selain itu protokol TCP/IP sangat mudah didapatkan karena merupakan sebuah protokol standar bagi sistem operasi-sistem operasi yang ada pada saat ini.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: