Beranda > Tak Berkategori > PEMBANGUNAN PROGRAM APLIKASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG DISTRO TENDENCIES DIVISI PERGUDANGAN

PEMBANGUNAN PROGRAM APLIKASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG DISTRO TENDENCIES DIVISI PERGUDANGAN

Januari 8, 2010

Distro Tendencies adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang Distribution Store. Pencatatan penjualan dan pembelian produk di distro ini masih dilakukan secara manual yang disimpan dalam lembaran-lembaran kertas (Hard Documentation). Metode ini dirasakan kurang efektif dalam penyimpanan data penjualan dan pembelian barang, pencarian barang yang masih tersedia di gudang dan pembuatan laporannya.
Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dibangun sebuah program aplikasi penjualan dan pembelian barang yang dapat meningkatkan efisiensi waktu dan efektifitas pekerjaan pada Distro Tendencies divisi pergudangan sehingga penyajian informasi dan aktifitas pengarsipan data penjualan dan pembelian barang lebih cepat dan akurat serta mengurangi tingkat kesalahan pada saat penginputan data yang disebabkan oleh Human Error.

Distro Tendencies adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang Distribution Store. Pencatatan penjualan dan pembelian produk di distro ini masih dilakukan secara manual yang disimpan dalam lembaran-lembaran kertas (Hard Documentation). Metode ini dirasakan kurang efektif dalam penyimpanan data penjualan dan pembelian produk, pencarian produk yang masih tersedia digudang dan pembuatan laporannya. Sehingga Distro Tendencies merasa perlu untuk memperbaharui metode penyimpanan tersebut agar bisa berkembang menjadi lebih besar. Dengan demkian diperlukan sistem pengolahan data penjualan dan pembelian barang Distro Tendencies divisi pergudangan agar dapat memberikan data yang cepat dan akurat.
Untuk membuat program pengolahan data tersebut, digunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan Microsoft Access. Alasan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic karena mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming/OOP) dalam pengembangan aplikasi desktop dan Microsoft Access karena software database ini paling mudah digunakan dari beberapa software database yang tersedia saat ini walaupun Microsoft Access bukanlah software yang tercanggih.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengambil judul laporan tugas akhir “Pembangunan Program Aplikasi Penjualan dan Pembelian Barang Distro Tendencies Divisi Pergudangan Menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access 2003”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: